Cara Membuat Abon Ayam Pedas Bikin Nagih Enak

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuat Abon Ayam Pedas Bikin Nagih Enak. Abon adalah makanan yang terbuat dari serat daging hewan.Bentuknya biasanya berwarna coklat terang hingga kehitaman dikarenakan tercampur kecap.Abon tampak seperti serat serat kapas, sebab didominasi oleh serat serat otot yang sudah mengering dan disuwir-suwir. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Beberapa Resep Cara Membuat Abon Ayam Paling Baru.

Karena tekstur abon kering dan nyaris tak memiliki sisa kadar air, abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan bulan ketika dikemas menggunakan kemasan yang kedap udara.Selain terbuat dari bahan dasar daging(sapi dan ayam), ada beberapa abon yang pembuatannya memakai bahan pokok dari hewan laut, seperti ikan tongkol,belut,udang,ikan lele,ikan tuna dll.

1. Abon Ayam Pedas Setan

Bahan-Bahan:

  • 1/2 kg ayam, rebus
  • santan kental
  • bawang merah, iris tipis
  • minyak goreng
  • dan bawang goreng sebagai pelengkapnya

    Bumbu Halus:

  • 8 siung bawang putih
  • 2 buah cabe merah
  • 18 buah lombok
  • ketumbar satu sendok teh
  • jintan satu sendok teh
  • gula pasir 2 sendok makan
  • garam secukupnya
  • kaldu bubuk satu bungkus
  • terasi sesuai selera anda saja

    Cara Membuat Abon Ayam Pedas Setan:

  1. Geprek ayam, lalu suwir-suwir.
  2. Campur ayam dengan bawang merah, bumbu halus dan santan, aduk rata koreksi rasa lalu biarkan beberapa saat hingga meresap.
  3. Panaskan minyak goreng agak banyak sampai ayam terendam, goreng abon hingga matang berwarna coklat dan ringan sambil diaduk.
  4. Angkat lalu peras selagi panas dengan alat pemeras.
  5. Suwir-suwir adon yang sudah diperas agar tidak menggumpal lalu taburi bawang goreng.
  6. Abon siap disajikan atau disimpan pada toples kedap udara.

Manfaat Abon Ayam

1. Efektif dan Irit

Manfaat terpenting dari abon yaitu salah satu produk olahan yang efektif, hemat dan tidak susah. Abon biasannya dibungkus dalam bentuk bungkusan plastik atau botolan, dan bisa di konsumsi begitu saja, tanpa nasi.

Sebab itu, abon sangat praktis terutama untuk yang tinggal di kamar kos atau bagi yang sedang melakukan perjalanan jauh. Oleh sebab itu sangat praktis buat asupan energy Anda. Abon merupakan makanan hemat yang menyimpan protein dari hewani bagi tubuh.

2. Lebih Tahan Lama

Abon memiliki kualitas keawetan yang jauh lebih bagus daripada produk olahan lain. Selain itu, untuk menaruh abon cukup ditempatkan pada suhu ruangan tanpa perlu menggunakan freezer. Membuat abon bisa dijadikan sebagai salah satu bahan olahan yang sifatnya praktis, akan tetapi tetap mempunyai zat makanan yang banyak.

3. Dapat Menjadi Lauk yang Bergizi

Selain bisa dikonsumsi tanpa nasi, abon juga bisa menjadi lauk yang bergizi dan berguna bagi kesehatan. Anda dapat menambahkan abon sebagai lauk tambahan saat sarapan. Dan yang paling penting yaitu, Anda bisa mengkonsumsi abon tidak hanya untuk lauk nasi saja, akan tetapi juga bisa memakan abon bebarengan dengan makanan lainnya selain nasi, seperti:

· Roti tawar
· Biscuit malkist
· Bubur ayam
· Dan banyak bahan makanan lainnya, sesuai kreasi.

4. Baik untuk Asupan Energy

Walaupun memiliki bentuk tekstur yang berserabut, akan tetapi jangan salah, abon menyimpan muatan energy yang tergolong dalam satuan yang tinggi. Hal tersebut akan mendukung Anda dalam memaksimalkan asupan energy seharian penuh. Sebauknya Anda memakan abon ketika pagi hari. Kamu sarapan ataupun saat Anda merasa lapar, namun belum mendapati restoran atau rumah makan.

5. Menjaga Rasa Kenyang dalam Tubuh

Sebab melalui prosedur penggorengan, maka abon juga menyimpan kandungan lemak. Namun jangan takut bila dikonsumsi dalam jumlah yang proporsional. Lemak ini tidak bakal menyebabkan obesitas. Malahan muatan lemak pada abon ini sangat baik untuk membuat kenyang.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencobanya dirumah.