Cara Memasak Nasi Jagung Simple dan Lezat

Kali ini resep yang akan dibahas adalah cara memasak nasi jagung simple dan lezat! Memang sih, biasanya untuk ibu ibu yang ingin cepat dan tidak repot biasanya mengikuti cara membuat nasi jagung. Tapi, kali ini yuk intip cara memasak nasi jagung yang lain!

Nasi jagung ini memiliki banyak penggemar loh! Makanan diet yang lezat dan tradisional ini biasa dijadikan pengganti nasi putih. Dikenal dengan nama Nasi Jagung karena hidangan ini terbuat dari campuran nasi dan jagung pipil kering yang telah ditumbuk kasar. Makanan ini bukan olahan campuran nasi dan jagung. Tapi, merupakan olahan jagung dengan bentuk menyerupai nasi. Jadi, saat memakannya, yang sebenarnya dimakan adalah jagung. Kaya akan karbohidrat, jagung menjadi salah satu makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari. Selain diolah menjadi menu makanan pokok, jagung juga kerap disajikan sebagai sayuran pelengkap, khususnya pada hidangan khas Western. Bukan itu saja, teksturnya yang empuk juga kerap diolah menjadi aneka kudapan, mulai dari jagung bakar, jagung rebus, hingga jasuke (jagung, susu dan keju).

“Nasi Jagung” hasil kreasi makanan zaman dulu ketika dalam masa sulit

Pada zaman dulu, ketika paceklik atau masa sulit tanam, beras sulit didapatkan dan banyak orang tak bisa makan nasi, apalagi untuk orang-orang pedesaan yang tak mampu. Tanaman yang menghasilkan pada saat itu adalah jagung, yang tidak begitu memerlukan banyak perawatan dan air. Pada akhirnya orang secara kreatif memanfaatkan biji jagung menjadi makanan pengganti nasi.

Hingga kini, masih terus dikonsumsi dan pemasakannya bisa dicampur dengan nasi beras dan bahkan sering membuat kangen banyak orang karena memberi kesan pedesaan yang alami dan nyaman. Salah satu olahan jagung yang lain adalah Bihun Jagung. Jagung juga bisa dijadikan camilan gurih dan lezat untuk menemani sore hari dirumah yang dijadikan olahan menjadi emping jagung. Emping jagung sangat mudah dibuat dengan menggunakan mesin pemipih emping jagung.

Manfaat mengkonsumsi nasi jagung

Nasi jagung memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Kaya akan serat, vitamin, mineral, hingga antioksidan. Meski memiliki kandungan gula sukrosa yang tinggi, hal tersebut tidak mengurangi manfaat kesehatan yang didapat dari mengonsumsi jagung. Berikut manfaat jika kalian rutin mengkonsumsi nasi jagung :

  • Menurunkan resiko anemia
  • Menambah energi pada tubuh
  • Mengontrol diabetes
  • Mencegah peradangan
  • Melancarkan pencernaan
  • Menangkal pengaruh radikal bebas
  • Melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh

Bagaimana? Banyak manfaat yang bisa kalian dapat ketika mengkonsumsi nasi jagung ya. Olahan nasi jagung sangat pas dan nikmat jika disandingkan dengan lauk yang cocok seperti tempe orek, sayur kluban, gorengan bakwan, atau ayam goreng. Atau bisa juga ditambahkan dengan bihun jagung goreng dengan mengikuti Cara Masak Bihun Jagung Goreng disini.

Langsung saja ikuti resep membuat nasi jagung yuk!

Cara Memasak nasi jagung

Bahan – Bahan

  • 250 gr jagung meniran/tumbukan
  • 150 gram beras
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 750 ml air
  • 600 ml santan (dihangatkan)

Bahan tersebut bisa dipergunakan untuk 4-6 porsi makan.

Langkah Memasak Nasi Jagung

  1. Rendam jagung meniran bersama beras dan garam menggunakan air ang sudah disediakan. Setelah itu rebus campuran beras dan jagung tadi hingga air habis meresap, lalu segera angkat
  2. Panaskan panci kukus atau alat kukus lainnya dan letakan nasi jagung didalamnya. Siram menggunakan santan hangat, lalu lanjutkan mengukus nasi jagung hingga matang dan segera angkat.
  3. Jika sudah berarti sudah siap disajikan selagi panas dengan lauk pauk yang anda siapkan. Akan lebih nikmat jika dicampur sambal dan lalapan.

Itulah cara simple dalam memasak nasi jagung. Mudah bukan? Semoga lezat dan bisa dijadikan makanan sehari-hari untuk keluarga! Selamat Mencoba!