Cara Memanfaatkan Kembali Sampah Plastik Berguna

sampah plastik

Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang cara memanfaatkan kembali sampah plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi, kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Istilah sampah sudah tidak asing di telinga kita, hal pertama yang terlintang sebagai tumpukan hasil sisa-sisa makanan atau limbah yang menimbulkan aroma bau tidak sedap dan tidak enak dipandang oleh mata serta tidak berguna lagi. Pada dasarnya sampah yaitu sisa-sisa benda atau barang yang tidak dibutuhkan lagi setelah proses pemakaian. Sampah merupakan material yang memilki kandungan zat kimia berbahaya dan memiliki potensi untuk merusak segala hal yang ada di sekitarnya termasuk pada lapisan atmosfer bumi.

Di mana kaki melangkah, akan kita jumpai sampah bertaburan. Entah itu sampah organik, seperti dedaunan, sayuran, sampai sampah anorganik, seperti plastik, botol, dll.

Selain cara memanfaatkan kembali sampah plastik, Baca juga ilmu tentang Cara Membuat Bunga dari Bahan Bekas lumayan kan untuk menambah kreatifitas dalam berimajinasi,

Cara Memanfaatkan Kembali Sampah Plastik Sebagai Sumber Energi

Cara Memanfaatkan Kembali Sampah Plastik

Karena ada energi yang banyak dari bahan plastik, maka akan pemanfaatannya menjadi suatu sumber energi memiliki upaya yang sangat bagus di masa mendatang.

Dari sini dapat diperoleh dua keuntungan sekaligus yaitu mengurangi problem sampah dan juga menghasilkan energi yang bisa dipakai untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi konvensional. Beberapa teknologi dapat dipakai untuk mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar diantaranya yaitu :

1. Konversi Kebahan Bakar Padat
melakukan dengan mencacah sampah plastik dan kemudian membriketnya untuk nantinya sampai bahan bakar briket. Bahan bakar ini kemudian bisa digunakan untuk pembakaran di tungku-tungku industri.

2. Mengolah Menjadi Bahan Bakar Cair
Karena memakai prinsip yang mana sampah plastik dipanggang pada suhu sekitar 500 derajat alhasil fasenya akan berubah wujud gas selanjutnya akan terjadi yang namanya perengkahan (cracking). kemudian didinginkan kembali dan dapat bahan bakar cair setara dengan bensin dan solar.

3. Mengubah Menjadi Bahan Bakar Gas
Ini dapat dibuat dengan teknologi gasifikasi yang mana sampah plastik dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi sampai 900oC dengan prinsip oksidasi parsial. Sehingga akan dihasilkan gas hidrokarbon yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan industri.

Sudah sepantasnya sampah plastik tidak lagi jadi permasalahan yang rumit dan bahkan dapat mendatangkan manfaat dengan menghasilkan bahan bakar.

Sekarang tinggal cara mendorong pemerintah daerah agar mempraktekan teknologi yang ada dan tentunya didukung oleh seluruh masyarakat di dalam pemanfaatan sampah yang berbentuk komunitas.

Pengolahan Kembali Sampah Plastik

Semakin bertambahnya tingkat konsumsi masyarakat, maka akan semakin bertambah pula sampah plastik yang dihasilkan. Wajar jika kemudian menjadi permasalahan lingkungan yang serius.

Perlu diketahui bahwa sampah plastik sangat sulit untuk hancur. Dibutuhkan puluhan bahkan ratusan tahun agar terurai. Oleh karena itu, diperlukan solusi alternatif agar keberadaan sampah plastik dapat ditangani dengan baik. Alternatif penanganannya antara lain dengan 6 R, sebagai berikut:

1. Reuse (Memanfaatkan ulang)
Menggunakan kembali barang bekas tanpa pengolahan dahulu untuk tujuan yang sama atau berbeda dari tujuan bahan awal. Contohnya: memakai sampah plastik sebagai bahan baku kerajinan, ban bekas dikemas menjadi tempat duduk, dan sebagainya.

2. Recycle (Mengolah kembali)
Memanfaatkan barang bekas dengan mengolah materinya untuk digunakan lebih lanjut. Contoh: sampah organik diolah menjadi kompos.

3. Reduce (Mengurangi)
Merupakan semua bentuk kegiatan atau perilaku yang dapat mengurangi produksi sampah. Contoh: pergi belanja membawa keranjang/tas belanja dari rumah.

4. Replace (Mengganti)
Menggantikan dengan bahan yang bias dipakai ulang sebagai upaya mengubah kebiasaan yang dapat mempercepat produksi sampah. Contoh: membungkus kue menggunakan daun pisang.

5. Refill (Mengisi kembali)
Mengisi kembali wadah-wadah produk kemasan yang habis dipakai. Contoh: memanfaatkan botol parfum untuk diisi kembali dengan parfum isi ulang.

6. Repair (Memperbaiki)
Memperbaiki barang-barang yang rusak agar bisa kita gunakan kembali seperti sepatu jebol yang kita perbaiki karena dengan begitu kita tidak perlu membeli sepatu baru dan membuang sepatu lama menjadi sampah.

Daur Ulang Sampah Plastik

Bisnis daur ulang sampah plastik telah menyentuh banyak kalangan karena sangat di didukung dengan mesin pengelolaannya yaitu denggan menggunakan mesin pengolah limbah plastik yang bisa mengelola limbah plastik anda. Jadi, siapkan modal dan cari informasi berapa kira-kira pemulung dan pengepul menjual sampah plastik per kg-nya.

Selain itu dengan cara memanfaatkan sampah plastik anda bisa mendaur ulang sampah plastik akan menjadi lebih kreatifitas agar anda dapat semakin kreatif dan juga produktif.

Itulah ulasan tentang cara memanfaatkan kembali sampah plastik. selama bermanfaat dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

Semoga sukses dan bermanfaat!