Cara Budidaya Kambing Jawa Yang Efektif

Kambing Jawa merupakan salah satu Kambing yang banyak dagingnya, Kambing jenis ini memanglah paling sangat favorit dagingnya untuk di masak. Sangat enak jika dimasak dengan beberapa resep masakan Indonesia, mulai dari sate sampai tengkleng,Cara budidaya kambing jawa pun tidak cukup susah.

Waktu melahirkan, Kambing Jawa kerap melahirkan anak kembar (warnanya) bisa jadi 2 sampai 4 ekor kembar semua. Kambing Jawa sangat bagus dalam hal reproduksi dan dapat beranak sepanjang tahun dan kambing ini menjadi favorit untuk di kembangbiakan dan menjadi Kambing pedaging favorit. Kambing ini telah tersebar  kesemua pulau di Pulau Jawa.

Peluang Usaha Budidaya Kambing Jawa

cara budidaya kambing jawa

Besarnya pasar bagi penjualan kambing Jawa di Indonesia menjadi budidaya kambing Jawa atau kambing Jawa randu menjadi salah satu usaha yang berpotensi besar.

Terlebih lagi di Indonesia terdapat banyak sekali umat Islam yang setiap tahunnya merayakan Idul Adha dimana sebagian besar dari mereka “para muslim yang mampu”, mengkurbankan kambing untuk dibagikan dagingnya kepada orang-orang yang membutuhkan.

Pada saat kegiatan keagamaan tersebut, kambing Jawa yang telah mempunyai syarat sah untuk dijadikan sebagai hewab kurban biasanya langsung ludes terjual.

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha ternak kambing ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis kambing yang bisa dibudayakan di daerah tempat tinggal Anda. Hal ini perlu dilakukan agar bisa mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian beternak kambing di daerah tempat tinggal Anda, sehingga bisa memaksimalkan potensi ternak kambing yang dipelihara, Cek juga artikel cara ternak kambing yang mudah.

Sebenarnya jenis kambing yang ada di Indonesia ini lumayan banyak, tetapi yang biasa dibudidayakan sebagai ternak ada 2 jenis.

1. Kambing Kacang

Kambing ini adalah jenis kambing asli dari Indonesia. Jenis kambing kacang sudah tersebar ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Ciri khusus dari kambing kacang adalah memiliki tubuh yang kecil, telinga lebar, punggungnya meninggi, ukuran leher yang pendek. Selain itu pada kambing jantan atau pun betina memiliki tanduk, ketinggian badan kambing betina 56 cm sedangkan jantan 60-65 cm dan juga berat kambing dewasa betina sekitar 20 kg sedangkan kambing jantan 25 kg.

2. Kambing Peranakan Etawa (PE)

Kambing peranakan etawa adalah kambing hasil kawin silang antara kambing etawa yang berasal dari India dengan kambing lokal (kambing kacang) asli Indonesia sehingga menghasilkan spesies baru yang lebih unggul. Kambing peranakan etawa ini juga sudah tersebar luas ke seluruh wilayah Indonesia.

Tahap Pembibitan Kambing Jawa

cara budidaya kambing jawa

Ada beberapa tips yang bisa kita untuk pertimbangkan dalam melakukan sebuah proses pembibitan kambing Jawa kita. Ketika memilih bibit, usahakan asal usul induknya jelas sehingga kita bisa tahu bahwa bibit tersebut berasal dari induk yang baik.

Lalu jika kita ingin mempunyai indukan sendiri, sebaiknya kita tidak membeli induk secara sepasang-sepasang karena cara tersebut akan tidak efisien. Kita sebaiknya membeli betina lebih banyak dengan perbandingan jumlah kira-kira 1 : 4 atau 1 : 6 selanjutnya betina-betina yang telah kawin dan bunting sebaiknya segera kita pisahkan dari pejantannya ke kandang lain.

Cara Budidaya Kambing Jawa

Pada sub judul kali ini kita akan membahas beberapa hal mengenai cara budidaya kambing Jawa. Secara umum ada beberapa jumlah cara ternak atau cara budidaya kambing Jawa yang bisa kita lakukan.

Yang pertama yakni membuka luas lahan peternakan kambing Jawa dan merekrut beberapa pegawai dengan berbagai  tugasnya masing-masing sehingga kita tinggal menikmati hasil dari sistem yang telah kita bangun tersebut.

Jika modal kita tidak cukup banyak untuk melakukan itu, maka kita bisa membuka lahan peternakan dengan skala yang lebih kecil dan menjalankan semuanya sendiri.

Akan tetapi apabila kita tidak memiliki cukup waktu untuk mengurusi semuanya secara sendiri, maka kita bisa menggunakan cara yang ketiga yakni dengan sistem bagi hasil “menitipkan kambing untuk dipelihara orang lain dan hasilnya dibagi rata”.

Cara yang ketiga ini dinilai lebih praktis namun cukup beresiko sehingga kita perlu menyeleksi betul orang yang akan kita jadikan partner. Kebutuhan pakan menjadi hal utama yang harus kita pikirkan. Maka sebaiknya kita menitipkan ternak kita kepada orang yang tinggal di daerah yang dekat dengan sumber pakan.

Cek juga artikel tentang jenis rumput hias.

Sudah dulu ya semoga artikel yang kami buat tentang cara sukses usaha budidaya kambing jawa bisa bermanfaat bagi Anda.