Cara Buat Tas dari Bungkus Kopi Simple dan Menarik!!!

cara buat tas dari bungkus kopi

Cara Buat Tas dari Bungkus Kopi – Benda – benda yang tak ternilai di sekitar kita masih teramat banyak. Jika kita sentuh sedikit dengan kreatifitas benda – benda yang tak ternilai akan menjadi barang yang sangat berguna. Tidak usah terlalu jauh, kita ambil contoh bungkus kopi.

Bungkus kopi merupakan salah satu limbah plastik yang sulit terurai. Banyaknya sampah plastik yang menumpuk menjadi salah satu sebab dari pencemaran lingkungan. Bungkus kopi bisa dibuat menjadi tas yang sekarang banyak dikembangkan sebagai bisnis rumahan dan bisnis bersama.

Membuat kerajinan banyak memperoleh manfaat, membantu meningkatkan para pengembang UKM untuk terus melanjutkan dan mengembangkan usaha yang sudah dibuat, mampu mengurangi penumpukan sampah plastik yang sampai sekarang menjadi masalah yang semua orang hadapi.

Nah, bungkus kopi ini bisa kita buat menjadi tas yang unik dan menarik. Bagaimana caranya? Berikut cara buat tas dari bungkus kopi.

Cara Buat Tas dari Bungkus Kopi Kapal Api

Bahan dan Alat yang Diperlukan :

  • Bungkus kopi kapal api
  • Gunting
  • Penggaris
  • Jarum dan benang
  • Kain furing
  • Risleting

Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi :

  1. Gunting bagian atas dan bawahnya dari bungkus kopi sachet.
  2. Bersihkan bungkus kopi yang sudah dipotong dengan air yang mengalir dan keringkan sampai kering. Setelah dibersihkan, bungkus kopi hanya dijemur atau dilap menggunakan kain bersih dan kering.
  3. Selanjutnya, gunting bungkus kopi menjadi 2 bagian sama rata. Satu sachet bungkus kopi menjadi 2 buah potongan.
  4. Lipat bungkus kopi yang sudah dipotong, lipat 1 cm ke dalam pada ujung atas dan bawah sehingga lebar potongan mmenjadi 2 cm. Anyam bungkus kopi menyerupai baling – baling.
  5. Setelah semua dianyam menjadi baling – baling, gabungkan anyaman – anyaman tersebut. Pastikan membuat sudut tegak vertikal.
  6. Jika semua anyaman sudah digabung, selanjutnya rapikan dengan cara menjahit pada bagian atas tas. Menjahit berguna agar anyaman tidak mudah terlepas.
  7. Tambahkan kain furing atau kain polos pada bagian dalam tas. Untuk menyatukan kain dengan tas jahit menggunakan jarum dan usahakan jahitan kuat dan rapi.
  8. Pasang risleting dan tali agar tas terlihat cantik.

Cara Buat Tas dari Bungkus Kopi ABC

Bahan dan Alat yang Diperlukan :

  • Bungkus kopi ABC
  • Gunting
  • Penggaris
  • Jarum benang
  • Kain furing
  • Resleting

Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi ABC :

  1. Agar tas tetap awet bersih dan tidak berjamur, maka dari itu, seluruh sampah plastik dari bungkus kopi terlebih dahulu dibersihkan. Bersihkan sampai seluruh bagian bungkus kopi tidak memiliki sisa kotoran atau kopi. Selanjutnya lakukan pengeringan, keringkan dengan dilap atau dijemur. Tunggu sampai bahan benar-benar kering.
  2. Setelah seluruh bungkus kopi bersih dan kering, gunting menjadi dua bagian. Hal tersebut untuk memudahkan pada proses pembentukan anyaman yang akan dilakukan. Sehingga satu bungkus kopi akan menjadi dua bungkus bagian setelah digunting.
  3. Lipat bungkus kopi dengan salah satu ujung dari sisi bungkus kopi bisa dilakukan pelipatan ke arah dalam. Panjang lipatan yang dibentuk kira-kira sekitar 1 cm.
  4. Selanjutnya, anyam setiap bungkus kopi yang telah dilipat dengan rapi. Anyam bungkus kopi tadi dengan membentuk seperti ketupat.
  5. Jika seluruh anyaman yang dibentuk dirasa cukup dan sudah pas untuk membuat tas, selanjutnya dapat dibentuk menjadi tas yang diinginkan. Tambahkan keindahan, pada bagian dalam tas lapisi dengan kain furing yang telah dipersiapkan.
  6. Berikan tali sebagai pegangan pada tas yang akan dibuat. Tali tersebut bisa dibuat sendiri dengan bahan plastik bekas kopi, atau juga bisa menggunakan tali bekas yang tas yang sudah tidak terpakai.
  7. Terakhir pasang risleting sebagai penutup bagian atas tas. Selain, risleting bisa menggunkan kancing baju. Risleting atau kancing berfungsi juga menambah nilai seni dan nilai keterhunaan dari tas yang dibuat.

Bungkus kopi merupakan sampah plastik bisa dibuat berbagai macam kerajinan yang mempunyai manfaat yang banyak. Selain, bungkus kopi sampah plastik lain juga bisa dibuat kerajinan yang sama – sama mempunyai manfaat sendiri. Bingung cara membuatnya? kalian bisa lihat di artikel Kerajinan dari Plastik Bekas, Menyelamatkan Lingkungan Kita.

Jika kalian tidak bisa untuk mendaur ulang sampah plastik sendiri, bawa ketempat pendaur ulangan sampah. Disana, plastik akan dihancurkan menjadi kecil – kecil dengan mesin pencacah plastik dan hasil cacahannya biasanya juga dibuat kerajinan.