Cara Buat Jus Tomat Merah Enak, Gampang Buatnya dan Sudah Pasti Sehat

Semua orang pasti sudah tau dengan buah merah yang satu ini, bisa di bilang buah dan sayur yaitu tomat. Tomat tidak bisa di ragukan untuk khasiatnya, karena sangatlah banyak khasiat yang di hasilkan tomat.

Kebanyak orang mengira buah tomat hanya bisa di jadikan makanan saja, padahal bisa di buat menjadi jus yang super lezat. Buah tomat sangatlah banyak mengandung vitamin C nya yang sering dijadikan obat.

Dan buah tomat tidak terlalu sulit untuk di cari, karena sangatlah banyak penjual yang menjual buah ini dan sering di temui di berbagai macam masakan.

Nah, pada artikel kali ini saya tidak membahas tentang makanan tapi melainkan tentang cara buat jus tomat merah segar. Tapi sebelum ke cara pembuatannya mari kita ketahui dulu dari buah yang satu ini yaitu tomat.

 

Tomat

cara buat jus tomat merah

Jenis buah buahan yang berwarna merah jika matang yaitu biasa orang sebut dengan nama tomat adalah sayuran dan buah yang merupakan bagian dari semua kebutuhan kuliner kita.

Mengonsumsi tomat membantu meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan dan juga meningkatkan rasa makanan.

Buah tomat memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Tomat membantu dalam menghilangkan beberapa penyakit berbahaya, tingkat kematian dan obesitas Anda secara keseluruhan.

Tomat mengandung lycopene yang merupakan pigmen karotenoid yang membantu tubuh Anda dalam beberapa cara. Buah ini juga dikenal luas karena kandungan antioksidannya yang luar biasa.

Manfaat kesehatan dari tomat termasuk meningkatkan penglihatan, kesehatan perut yang baik serta mengurangi tekanan darah. Ini juga memberi kelegaan dari diabetes, masalah kulit dan infeksi saluran kemih. Secara keseluruhan itu memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda.

 

Berikut Cara Buat Jus Tomat Merah yang Enak dan Sehat

cara buat jus tomat merah

1.Cara Buat Jus Tomat Merah

bahan-bahan:

  • 3 butir tomat yang masih segar
  • Susu kental manis sesuai selera bisa di ganti madu asli
  • Air matang secukupnya
  • Gula pasir sesuai keinginan
  • Es batu sesuai selera masing masing
  • 1 blender
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar

cara buat jus tomat merah:

  1. Pertama yang harus lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang harus ada seperti yang sudah ada di atas
  2. Jika semua alat dan bahan sudah ada, maka mari kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan tomat yang sudah di cuci, potong tomat menjadi beberapa bagian dan masukan ke dalam blender
  4. Tambahkan gula, susu kental manis atau madu dan beri sedikit air matang lalu blender
  5. Tunggu kurang lebih 1-2 menit sampai semua bahan tercampur rata dan halus
  6. Jika sudah masukan ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  7. Tambahkan es batu untuk menambah kesegaran pada jus tomat
  8. Jus tomat merah siap disajikan

 

Beberapa Khasiat Tomat Untuk Kesehatan

1.Mencegah Kanker

Karena mengandung antioksidan seperti likopen, karotenoid, dan polifenol, tomat dapat membantu mencegah kerusakan DNA di dalam sel akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Karenanya, manfaat tomat diduga berperan dalam mencegah berbagai kanker berbahaya, seperti kanker prostat, kanker kolorektal, lambung, mulut, paru-paru, payudara, dan kandung kemih.

2.Menurunkan Tekanan darah

Manfaat tomat lainnya berasal dari kandungan kaliumnya. Meningkatkan asupan kalium serta mengurangi natrium (garam) sangat penting untuk menurunkan tekanan darah.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat dan mengurangi asupan garam dalam pola makan sehari-hari mampu mengurangi tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi yang ringan.

3.Menjaga Kesehatan Jantung

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manfaat tomat terkait erat dengan kesehatan jantung dan menurunkan faktor risiko penyakit jantung.

Kandungan kalium dan likopennya efektif menurunkan kadar kolesterol buruk atau LDL dan membantu menjaga kestabilan irama jantung.

 

Nah, itu tadi beberapa artikel yang menjelaskan cara buat jus tomat merah yang enak dan beberapa khasiat yang di hasilkan dari tomat. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)