Beberapa Macam dan Cara Buat Jus Jeruk Sunkist yang Enak dan Lezat

Kalian pasti sudah tau semua dengan buah yang satu ini, iya buah jeruk yang kaya dengan vitamin C nya. Buah ini sering kali kita temukan dipasar-pasar pada umunya dan banyak pula peminat buah ini.

Buah jeruk juga sering dijadikan jus untuk dijual dan ada juga digunakan untuk menurunkan badan. Banyak orang yang sudah mengonsumsi buah ini tapi tidak banyak orang yang sudah mengonsumsi jus sunkist

Nah, pada artikle kali ini kita akan membahas tentang beberapa cara untuk buat jus jeruk sunkist yang gampang dan sudah pasti lezat sekali.

Tapi sebelum kecara pembuatannya mari kita wajib kethui dulu asal usul dari buah ini dan apa saja kandungan nya. Supaya kita jadi semangat untuk mencoba buah ini untuk dijadikan jus yang super enak.

 

Jeruk

cara membuat jus sunkist

Jeruk atau yang orang biasa menyebut buah ini dengan  limau adalah semua tumbuhan berbunga yang memiliki beberapa anggota marga Citrus dari suku Rutaceae atau suku jeruk-jerukan.

Anggotanya biasanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang sangat manis dan segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis dan agak asam.

Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya. Sebutan jeruk kadang-kadang juga disematkan pada beberapa anggota marga lain.

Dalam bahasa sehari-hari, penyebutan jeruk atau limau di Sumatra dan Malaysia seringkali berarti jeruk keprok atau jeruk manis. Di Jawa biasa menyebut buah ini dengan sebutan limau atau limo berarti jeruk nipis.

 

Terbaru! Cara Buat Jus Jeruk Sunkist Enak dan Gampang

cara membuat jus sunkist

1.Cara Buat Jus Jeruk Sunkist

Bahan-Bahan:

  • 2 buah jeruk sunkist yang sudah di kupas dari kulitnyaa
  • Gula sesuai selera masing-masing
  • Susu kental manis bila ingi menambahkan nya
  • Air matang kurang lebih 50 ml
  • Es yang sudah di serut
  • 1 blender yang memiliki kecepatan tinggi
  • 1 gelas berukuran sedang

cara buat jus jeruk sunkist:

  1. Pertama siapkan bahan dan alatnya seperti yang sudah ada diatas
  2. jika sudah mari kepembuatannya, pertama masukan jeruk ke dalam blender, air matang, gula sesuai selera dan es serut
  3. Blender kurang lebih 1 menit sampai bahan tercampur rata dan sudah terlihat sudah halus.
  4. Jika sudah terlihat halus matikan blender, beri susu diatasnya sesuai selera masing-masing. Blender sebentar lagi supaya tercampur
  5. Lalu masukan kedalam gelas berukuran sedang, jika Anda ingin terasa dingin bisa menambahkan es batu pada jus nya
  6. Jus jeruk sunkist siap di nikmati

 

Macam-Macam Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

1. Melancarkan Pencernaan

Sumber serat yang sangat baik larut dan tidak larut ada pada jeruk. Untuk itu, jeruk bagus untuk membuat perut Anda tetap sehat. Serat di dalamnya akan mengeluarkan kotoran sehingga mencegah sindrom.

Jeruk pun bisa merangsang produksi cairan pencernaan serta memperbaiki pencernaan. Ini adalah cara paling enak untuk menghilangkan sembelit.

2. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Jeruk adalah sumber magnesium yang kaya dan akan membantu mengatur tekanan darah. Flavonoid yang disebut hesperidin secara alami hadir dalam jeruk juga membuat tekanan darah terkendali.

3. Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya kanker. Senyawa yang disebut limonene, banyak ditemukan di jeruk memiliki sifat penghambat kanker.

Senyawa ini bekerja dalam mendeteksi sel kanker dan menghancurkannya, tanpa memberi kesempatan untuk menyebar.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Antioksidan hadir dalam jeruk ini melawan kerusakan radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol.

Kolesterol oksidisasi cenderung menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung. Hal itu dapat memicu serangan jantung.

Namun serangan jantung ini bisa dicegah dengan anti ksidan yang ada di Jeruk. Kandungan ini membantu menetralisasikan efek radikal bebas dan melindungi jantung dari penyakit.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jeruk penuh dengan vitamin C, yang dikenal sebagai kekebalan dengan meningkatkan vitamin. Bila kekebalan tubuh kita kuat, tubuh mampu melawan infeksi lebih baik dan mencegah penyakit.

Selain itu, polifenol yang ada di dalamnya adalah antivirus untuk membunuh virus yang masuk ke dalam tubuh sebelum dapat menyebabkan infeksi.

 

Nah, itu lah tadi artikel yang menjelaskan beberapa cara buat jus jeruk sunkist. Gimana mudah bukan? Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba!!