Cara Bikin Bakso Ikan Laut Yang Enak Dan Praktis

Cara bikin bakso ikan laut

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara bikin bakso ikan laut yang enak dan praktis. Manu ini sangatlah populer sekali sehingga banyak sekali yang menyukainya. Simak ressep dibawh ini.

1. Pembahasan Tentang Bakso Ikan

Bakso adalah salah satu makanan khas tanah air, selain bakso sapi terdapat juga jenis bakso yang lain diantaranya adalah bakso ikan. Rasanya tak kalah nikmat dengan bakso sapi.

Sekarang ini, keberadaannya dapat dengan mudah kita temui dimana-mana karena penjual bakso ikan sendiri yang pada umumnya berjualan bakso dengan cara berkeliling.

Untuk jenis ikan yang digunakan untuk membuat bakso di usahakan menggunakan ikan yang dagingnya tebal seperti ikan tenggiri, kakap, cucut, bloso, ekor kuning dan lain-lain.

2. Cara Bikin Bakso Ikan Laut Yang Lezat

cara bikin bakso ikan laut

 

Bahan-Bahan:

  • Tepung tapioka 10-15 gr
  • Penyedap rasa ½ sdm
  • Bawang putih 2 buah
  • Garam 2-3 sdm
  • Merica ½ sdm

Cara Membuat Bakso Ikan Laut:

  1. Bersihkan ikan segar, pisahkan antara daging dan.
  2. Ambil daging dengan cara dikerok menggunakan sendok.
  3. Bersihkan daging dengan cara menghancurkannya dari bagian-bagian yang tidak dikehendaki seperti kulit, duri dan tulang.
  4. Sediakan larutan garam atau brine dengan perbandingan air, es dan ikan adalah 4 : 1 : 1 dan konsentrasi garam 2-3 sdm .
  5. Masukan daging ikan dalam larutan tersebut, rendam kurang lebih 15 menit sambil aduk – aduk.
  6. Jika terlihat ada lemak yang mengapung dipermukaan, buang.
  7. Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pemerasaan dengan menggunakan kain.

Tahap pencetakan Bakso Ikan Laut:

  1. Caranya dengan memasukan adonan ke kepalan tangan, kemudian tekan dan akan keluar bakso berbentuk bulat, sesuaikan ukuran. Angkat dengan sendok dan sedikit diratakan
  2. Setelah itu, didihkan air di suhu sekitar 49 derajat celcius (hangat tidak terlalu panas). Biarkan selama 20 menit. Masukan bulatan bakso yang telah kita cetak tadi.
  3. Nah barulah bakso direbus kedalam air mendidih sampai terlihat mengapung
  4. Bakso yang telah matang di angkat, kemudian masukan kedalam air yang dingin (air es) selama 15 menit.
  5. Angkat dan tiriskan.

Cara Menyajikan Bakso Ikan Laut:

  1. Bakso ikan bisa disajikan secara langsung dengan saus dan kecap. Dan jika ingin menyajikannya dengan kuah, maka terlebih dahulu kita buat kuahnya yaitu dengan merebus sisa-sisa penyiangan tadi seperti kepala ikan, tulang, kemudian diberikan bumbu yang telah dihaluskan seperti merica, bawang putih dan garam.
  2. Bumbu penyedap kuahnya antara lain bawang goreng, tongcai, saos tomat, cabe/sambal, kecap, cuka, sayur caisim

3. Peluang Usaha Bakso Ikan Laut

Bakso memiliki tekstur kenyal dan empuk. Bagi Anda yang menyukai bakso tidak hanya nikmat saat dimakan saja namun ada banyak kandungan manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsi bakso.

Sebenarnya daging yang dapat digunakan untuk membuat bakso tidak hanya daging sapi saja melaikan banyak sekali daging yang bisa digunakan seperti salah satunya daging ikan.

Ikan yang sering Anda ketahui pastinya hanya dapat diolah dengan cara digoreng. Namun perlu Anda ketahui jika sebenarnya daging ikan bisa diolah untuk dijadikan bakso.

Bakso tersebut dikenal dengan nama bakso ikan. Bakso ikan memang masih baru dan belum banyak dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat. Jika Anda kesulitan untuk menjalankan bisnis bakso daging sapi dengan modal yang sangat besar maka Anda bisa mencoba untuk menjalankan bisnis bakso ikan.

Menjalankan bisnis bakso ikan bisa Anda jalankan seperti bakso-bakso pada umumnya dengan membuka warung dengan menyajikan menu bakso.

Jika sajian bakso ikan yang Anda buat memiliki cita rasa yang enak pastinya akan mudah disukai oleh berbagai kalangan masyarakat secara luas. Menjalankan bisnis makanan memang tidak mudah karena Anda harus menjaga kualitas dan cita rasa olahan makanan yang disajikan.

 

Berikut resep kali ini cara bikin bakso ikan laut yang enak dan praktis ini, anda dapat mencobanya dirumah. Menu ini sangatlah mudah sekali dalam pembuatannya, maka dari itu hampir semua orang menyukai bakso. Penasarankan? Selamat mencoba resep kali ini.