Perlu Tahu Cara Aman Air Kelapa Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

air kelapa untuk ibu hamil trimester pertama

Sekilas Tentang Air Kelapa Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Sejatinya, konsumsi suatu makanan atau minuman yang berlebihan itu kurang baik pada ibu hamil. Sama halnya saat konsumsi air kelapa untuk ibu hamil trimester pertama.

Meskipun air kelapa baik untuk ibu hamil, lebih baik ikuti cara aman untuk mengkonsumsinya.

Kata aktris Natasha Rizky juga mengaku kalau ia memilih minum air kelapa muda di trimester akhir. Alasannya janin lebih kuat dan tidak berbahaya bila air kelapa menimbulkan kontraksi.

Kalau di trimester ketiga tidak apa-apa, kan sudah jauh lebih kuat (janinnya)” kata Natasha Rizky di acara Ibu Pintar Trans TV.

Terkait hal ini, menurut Rebecca Malachi, LMU (Germany)-certified Pregnancy Nutrition dan Lifestyle expert, sebenarnya ibu hamil aman untuk minum air kelapa muda. Namun, jumlahnya tidak berlebihan.

Kata Malachi, “Air kelapa untuk ibu hamil trimester pertama baik dikonsumsi di pagi hari karena dapat berfungsi mengurangi terjadinya dehidrasi akibat mual”.

Lalu, disarankan juga untuk minum air kelapa muda di trimester ketiga karena tubuh membutuhkan nutrisi penting.

Takaran yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah satu gelas/ hari. Hal ini untuk mencegah kelebihan dosis natrium atau kalium.

Air kelapa juga memiliki efek samping diuretik, jika mengkonsumsi berlebihan, ibu hamil akan terus-menerus merasa ingin buang air kecil.

Dikutip dari Parenting Firstcry, jika Bunda dianjurkan dokter untuk operasi caesar, beberapa ahli bedah mungkin menyarankan Bunda berhenti minum air kelapa dua minggu sebelum operasi.

Sebaliknya, jika Bunda akan melahirkan normal, menurut Carley Mendes, nutrisionis holistik, air kelapa yang mengandung banyak elektrolit membuat Bunda tetap terhidrasi.

Selain itu air kelapa juga berfungsi membuat tubuh bekerja secara efisien. Dapat memperpanjang persalinan dan menyebabkan lebih sedikit kontraksi yang kurang efektif.

Air kelapa menyegarkan dan mengandung gula alami untuk memberikan Anda dorongan energi,” tulis Mendes di Oh Baby Nutrition.

Kata Mendes, menjelang persalinan, Bunda harus mengkonsumsi air kelapa muda dalam bentuk cube (dalam cetakan es batu).

Air kelapa muda ini baik diisap selama kontraksi, karena mulut dan rahang harus tetap relaks selama mungkin tiap kontraksi.

Mulut dan rahang yang sangat tegang, sebenarnya bisa membuat jalan lahir mengencang.

Mereka jelas yang paling nyaman digunakan saat melahirkan di rumah, atau sebelum pergi ke rumah sakit,” kata Mendes.

Selama Anda tidak mengalami alergi terhadap air kelapa muda, Anda boleh saja mengkonsumsinya secara wajar meski di kondisi Anda yang sedang hamil muda.

Hanya saja, memang, tidak ada sesuatu yang baik dikonsumsi secara berlebihan, termasuk juga air kelapa muda.

Bila dikonsumsi berlebihan, konsumsi air kelapa muda bisa menyebabkan perut menjadi kembung dan tidak nyaman.

Tidak hanya itu, konsumsi air kelapa muda yang berlebihan juga bisa menyebabkan Anda merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan akan menurun.

Hal ini tentu kurang baik bagi kehamilan Anda yang memerlukan asupan nutrisi yang tidak sedikit dari makanan yang Anda konsumsi.

Pada beberapa orang yang sensitif, konsumsi air kelapa untuk ibu menyusui juga bisa menurunkan tekanan darah tentu tidak baik dan berdampak pada anak Bunda.

Pada ibu hamil, penurunan tekanan darah yang cukup drastis bisa memperberat rasa pusing, hilang keseimbangan, lemas, dan beragam keluhan lainnya.

Setelah mengetahui manfaat air kelapa untuk ibu hamil trimester pertama, ada baiknya Bunda segera beralih dari mengonsumsi minuman berkafein atau bersoda menjadi minuman yang alami dan kaya nutrisi ini. Nikmati rasa manis air kelapanya.