Bahan Buat Perkedel Jagung Murah dan Praktis

bahan buat perkedel jagung

Bahan buat perkedel jagung utamanya adalah jagung, telur dan tepung. Memang sudah banyak olahan cara buat perkedel jagung. Namun, kali ini kita akan ulik lagi tentang bahan apa saja yang dibutuhkan saat akan memasak perkedel jagung.

Bahan buat perkedel jagung bisa dicari di warung terdekat atau supermarket. Resep buat perkedel jagung ini bisa dicoba untuk pemula maupun yang sudah hobby memasak! Bahannya yang mudah ditemukan di warung terdekat menjadikan perkedel jagung ini sebagai lauk untuk makan keluarga. Kandungan vitamin yang ada pada jagung sangat baik untuk kesehatan kita. Olahan jagung selain di jadikan cemilan seperti emping jagung dengan mesin pemipih emping jagung, puding jagung, nasi jagung. Jagung juga bisa diolah menjadi perkedel jagung.

Tips Memipil Jagung Sebelum Diolah Menjadi Perkedel

1. Kupas jagung dan bersihkan rambutnya

Terdapat dua jenis jagung yang biasa dijual di pasaran, yakni jagung utuh dan jagung kupas. Jika biasanya yang dibeli adalah jagung utuh, kupas kulit dan bersihkan rambut jagungnya. Potong bagian bonggol (bagian yang tak berbiji) di bagian bawah jagung. Setelah bersih dari rambut, cuci jagung di bawah air mengalir dan tiriskan.

2. Pastikan pisau yang dipakai tajam

Menyisir atau memipil jagung itu perlu pisau tajam. Pisau yang kurang tajam tidak dapat memipil jagung dengan baik hingga tuntas dan hasil pipilan tidak akan rapi. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum digunakan asah pisau terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memipil. Oh ya, sebaiknya menggunakan pisau dapur berukuran sedang daripada pisau kecil.

3. Gunakan loyang tulban untuk meletakkan jagung

Memipil jagung biasa dilakukan secara vertikal di atas alas datar, misalnya talenan. Namun agar prosesnya bisa terlihat rapi dan bijinya tidak berhamburan, memipil jagung menggunakan loyang akan lebih baik. Caranya, posisikan jagung di bagian tengah loyang yang menonjol dan punya lubang kecil. Ingat, posisi loyang tulban harus tepat seperti akan dituang adonan, bukan dibalik. Pastikan jagung sudah berdiri dengan stabil, lalu mulailah memipil dengan pisau secara vertikal. Secara otomatis, biji jagung akan langsung terwadahi dalam loyang.

4. Potong jagung jadi dua

Potong jagung menjadi dua bagian, lalu mulailah memipil jagung. Hasil pipilan jagung biasanya memang akan berserakan di atas talenan, tapi jumlah pipilan tak akan terlalu menyebar seperti saat memipil jagung utuh.

Pipilan jagung ini siap diolah jadi berbagai masakan! Kalau tak segera dipakai, simpan biji jagung dalam wadah kering dan kedap udara. Letakkan dalam kulkas dan gunakan sebelum baunya benar-benar berubah asam.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung, Ini Manfaat Jika Mengkonsumsi Jagung

Jagung sendiri bisa diolah dan dijadikan menjadi masakan favorit, seperti cara membuat puding jagung manis, bakwan jagung, kolak jagung, jagung rebus, jangung bakar dan perkedel jagung. Selain lezat untuk disantap, jagung juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Antioksidan yang terdapat pada jagung bisa meningkat saat jagung dimasak. Kandungan antoksidan inilah yang dapat menjaga kesehatan jantung

2. Meningkatkan Kemampuan Penglihatan

Lutein yang ada pada jagung terutama pada jagung manis, membuat saraf optik mata memiliki kemampuan memperbaiki penglihatan mata.

3. Meningkatkan Energi

Jagung kaya akan karbohidrat, maka dari itu biasanya jagung bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Karbohidrat yang ada pada jagung merupakan karbohidrat sehat yang tidak menambah berat badan pada tubuh apabila di konsumsi dengan tidak berlebihan.

4. Mengurangi Sembelit

Jagung kaya akan kandungan serat, bisa membantu melancarkan buang air besar dan memperbaiki gerakan usus serta sembelit.

5. Anti Kanker

Penelitian sering meneliti bahwa jagung umumnya mengandung fitonutrein sehingga bisa melawan sel sel penyebab kanker yang ada di dalam tubuh manusia.

Resep Perkedel Jagung

Bahan Bahan yang Dibutuhkan :

  • 5 sendok makan tepung terigu
  • 3 buah jagung manis, disisir
  • 1 batang daun bawang, dirajang halus
  • 3 batang daun seledri, dirajang halus
  • 1 sendok makan tepung beras
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus Perkedel :

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Langkah Membuat Perkedel Jagung  :

  1. Pertama, ulek kasar jagung sisir atau bisa diproses mengunakan chopper dengan hasil yang masih agak kasar.
  2. Campur jagung dengan semua bahan lainnya, kemudian tuang air sedikit demi sedikit. Jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu bantat.
  3. Setelah itu, bumbui adonan dengan menggunakan garam dan gula secukupnya.
  4. Kemudian ambil satu sendok makan adonan lalu tuang melebar di pinggiran wajan yang sudah diisi minyak panas.
  5. Goreng sampai bakwan berwarna kuning keemasan.
  6. Siap di sajikan

Resep diatas bisa disesuaikan dengan jumlah porsi keluarga dirumah. Dijamin enak dan mudah! Selamat Memasak!