Apa Saja Manfaat Dari Biji Selasih

Biji selasih merupakan biji yang populer di Indonesia karena sering digunakan sebagai pemanis pada minuman maupun untuk camilan. Nama ilmiah biji selasih adalah Ocimum basilicum, ternyata biji tanaman ini memiliki senyawa dan bahan aktif kuat yang bisa memengaruhi kesehatan.

Manfaat Biji Selasih

Di dalam biji selasih terdapat zat besi, protein, phytochemical, senyawa polifenolik, orientin, vicentin, dan antioksidan kuat lainnya.

Manfaat biji selasih untuk kesehatan adalah antara lain dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu diet atau penurunan berat badan, meningkatkan kesehatan kulit, memperkuat rambut, mengatur dan masih banyak manfaat yang lain. Manfaat Buah Semangka

Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat biji selasih, di antaranya:

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Manfaat biji selasih yang pertama adalah dapat menjaga keshatan tulang dan gigi, cukup dengan mengonsumsi sebanyak 1 sendok makan biji selasih kering, maka Anda telah mendapatkan cukup banyak suplai mineral yang sangat bermanfaat untuk tubuh. suplai mineral yang ke dalam tubuh terdiri dari zat besi, kalsium, dan magnesium. Tiga nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Polifenol merupakan salah satu antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah jenis polifenol. Zat polifenol ini terdapat pada biji selasih.

Rutin mengonsumsi biji selasih sebagai makanan atau suplemen, akan mendapatakna manfaat pada daya tahan tubuh akan meningkat dengan sendirinya. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh maka Anda jadi jarang sakit.

3. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat yang ada pada biji selasih sangat banyak dan bisa untuk mencukupi kebutuhan harian tubuh. Kandungan serat ini akan membuat Anda menjadi lebih kenyang sehingga membantu Anda supaya tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak.

Jika Anda sedang merasa lapar, maka mengonsumsi biji selasih bisa menjadi pilihan sebagai pengganti makanan sementara.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Kesehatan pencernaan dan perut memiliki pengaruh yang besar dalam kesehatan tubuh. Jika perut memiliki masalah, kemungkinan besar akan merembet ke organ lain di sekitarnya. Oleh karena itu, Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi biji selasih lebih sering agar kesehatan pencernaan terjaga.

Karna kandungan serat tinggi yang ada dalam selasih akan menjadi tempat yang baik untuk perkembangan bakteri baik. Dampaknya, gangguan pencernaan seperti sembelit tidak akan terjadi.

5. Mengontrol gula darah

Biji selasih dapat mengontrol gula darah di dalam tubuh dengan lebih terkontrol dengan baik jika mengonsumsinya setiap hari. Biji selasih membuat  tubuh lebih sensitif dengan insulin, sehingga gula yang ada di darah bisa digunakan untuk energi dan kondisi seperti diabetes tidak terjadi.

6. Menjaga kesehatan jantung

Biji selasih memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan jantung karena mengandung serat akan menyerap lemak berlebihan dan kolesterol jahat yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi makan berserat seperti oatmeal dan juga biji selasih. Dengan dua biji-bijian ini, kolesterol baik dapat meningkat dan risiko gangguan pada jantung tidak terjadi.

7. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat biji selasih yang jarang diketahui adalah menjaga kesehatan kulit. Dengan konsentrasi antioksidan dan flavonoid yang ada di dalamnya, biji selasih mampu meningkatkan kesehatan kulit dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Antioksidan yang ada di dalamnya mampu melawan efek radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan akhirnya menyebabkan mutasi sel, sehingga mengakibatkan keriput, bintik-bintik penuaan, dan noda. Mengonsumsi biji selasih secara rutin dipercaya dapat mengurangi bekas luka dan dapat bertindak sebagai zat anti-penuaan.

8. Perawatan rambut

Biji selasih memiliki kadar zat besi yang signifikan dan berbagai antioksidan lainya, hal ini dapat merangsang produksi rambut dan mencegah kerontokan rambut prematur. Zat besi sangat penting untuk sirkulasi guna mengarahkan darah ke kulit kepala dan juga diperlukan untuk menghasilkan rambut yang kuat dari folikel.

Pada wanita dengan defisiensi akan zat besi, suplementasi zat besi dapat meningkatkan perawatan rambut rontok yang sedang dijalaninya. Sedangkan, antioksidan dalam biji selasih akan membantu mencegah peradangan dan stres oksidatif pada kulit kepala, yang sering kali dapat menyebabkan kerontokan rambut.