Aneka Olahan Bakso, Bakso Bakar Uenak Tenan Maknyusss

bakso bakar

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan aneka olahan bakso yang enak. Namun, tahukah kamu apa itu aneka olahan bakso?? Mari kita simak..

Bakso pada umumnya disajikan dengan bakso atau bola daging yang merupakan campuran daging giling dan tepung tapioka. Satu porsi bakso biasanya disajikan dengan bakso, tahu, toge, kubis, bihun, telur, dan juga kulit pangsit.

Tak hanya berisi hal umum saja yang disajikan ke dalam seporsi mangkuk bakso namun ada juga siomay, tomat, dan lain-lain. Kemudian disiram kuah kaldu yang gurih dan diberi sedikit potongan daun bawang serta bawang goreng. Bagaimana tidak tergoda dengan makanan yang satu ini. Kaldu ayamnya yang bikin menggoda hidung untuk ingin melahapnya.

Bakso, merupakan makanan yang mudah ditemukan. Mulai dari pedagang keliling hingga restoran besar sekalipun. Bahkan ada pula bakso yang dijual di super market dalam keadaan beku dimana kita hanya perlu memanasi bakso tersebut. Harga seporsi bakso sangat mudah di jangkau oleh masyarakat, alias tidak menguras kantong yakni hanya sebesar Rp. 10.000 kalian sudah dapat menyantap makanan ini. Bahkan ada yang lebiih murah dari 10 ribu rupiah, jika kalian sering menjumpai bakso-bakso yang dijual keliling oleh abang-abang. Kamu bisa membeli bakso hanya dengan 5 ribu rupiah pun masih dilayani oleh abang-abang tukang bakso. mesin giling tukang bakso.

Aneka Olahan Bakso, Bakso Bakar Uenak Tenan Maknyusss

bakso bakar1

Bahan-bahan:

250 gram bakso

1 sdm saus sambal

1 sdm saus tomat

1 sdt saus tiram

1/2 sdt madu

2 siung bawang putih, dihaluskan

lada bubuk secukupnya

mentega secukupnya

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan untuk saus (kecuali bakso).

2. Olesi bakso dengan bahan saus.

3. Panggang di atas teflon atau panggangan.

4. Bakso bakar ini bisa dinikmati dengan saus favorit

Manfaat Bakso Bakar bagi Kesehatan:

Menambah Tenaga

Manfaat pentol bakso pertama yang dapat langsung kamu rasakan adalah mampu menambah tenaga. Atau paling tidak membuat dirimu merasa lebih kenyang. Benefit ini tidak terlepas dari kandungan karbohidrat dan lemak yang ada di dalam daging bakso. Dengan makan bakso juga membuat kamu bisa kenyang lebih lama.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat bakso bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah mampu meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini juga dikarenakan kandungan protein yang ada pada daging bakso. Menurut Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof. Hardinsyah, MS PhD, ”Protein hewani membuat fungsi otak jadi lebih baik sehingga mampu meningkatkan prestasi dan produktivitasnya

Meningkatkan Kinerja Otot

Bakso berasal dari bahan daging sapi dan daging tersebut mengandung senyawa carnosine yang sangat penting bagi fungsi otot. Senyawa carnosine ini dapat meningkatkan kinerja otot dan mengurangi kelelahan. Tetapi tetap harus diimbangi dengan olahraga ya!

Mencegah Anemia

Bakso juga dipercaya mampu mencegah penyakit anemia. Hal ini dikarenakan daging sapi merupakan makanan penambah dari yang kaya akan zat besi. Bahkan zat besi ini dinilai lebih baik daripada zat besi yang berasal dari tumbuhan karena lebih mudah dicerna oleh tubuh. Untuk itulah, agar tidak kekurangan darah, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang satu ini (re:bakso).

Pertumbuhan tubuh.

Protein dari bakso adalah protein hewani yang mempunyai struktur mirip dengan tubuh manusia, Daya cerna protein hewani lebih baik dibanding dengan protein nabati. Pada tubuh makluk hidup seperti manusia, protein merupakan penyusun bagian besar pertumbuhan badan seperti otot, kulit, jantung, dan paru-paru.

Kecerdasan otak.

Orang yang sering memakan bakso akan mempunyai kecerdasan yang baik, dibanding dengan yang jarang makan bakso. Karena daging pada bakso mengandung berbagai vitamin yang baik bagi kecerdasan otak.

Penambah tenaga.

Bakso mengandung lemak yang bermanfaat sebagai penyimpan energi dan tenaga. Lemak yang terdapat dalam daging bakso berfungsi sebagai sumber energi yang padat bagi tubuh manusia, Selain itu lemak juga berfungsi bagi tubuh manusia untuk membuat rasa kenyang yang lebih lama.

Dampak terlalu sering makan bakso Bakar

Pakar kesehatan menyebut terlalu sering makan bakso bisa memberikan dampak kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Bahkan, kita akan lebih rentan terkena penyakit berbahaya.

Berikut adalah beberapa dampak dari kebiasaan mengonsumsi makanan yang nikmat disajikan dalam kondisi panas ini.

1. Menyebabkan sariawan

Jika kita cermati, kebanyakan bakso yang dijual memiliki kandungan penyedap rasa atau MSG yang cukup tinggi. Masalahnya adalah kandungan MSG ini bisa menyebabkan datangnya sariawan karena mengiritasi gusi atau rongga mulut jika terlalu sering dikonsumsi.

2. Menyebabkan gangguan pencernaan

Meskipun kita sangat suka dengan bakso, bukan berarti kita bisa dengan sembarangan mengonsumsinya. Jangan memilih penjual bakso yang terlihat tidak higienis atau berada di tempat yang penuh dengan kotoran atau sering terpapar debu. Jika kita makan di tempat tersebut, besar kemungkinan kita akan lebih rentan terkena gangguan pencernaan seperti diare atau sakit perut.

3. MSG bisa menyebabkan penurunan nafsu makan

Meskipun bisa membuat rasa makanan menjadi lebih lezat, jika kita sering terpapar MSG dengan berlebihan, maka lidah pun akan menganggap makanan tanpa MSG kurang lezat sehingga akan menurunkan nafsu makan. Kita pun menjadi tidak suka dengan makanan sehat seperti sayur dan buah. Padahal, makanan sehat ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kondisi tubuh secara keseluruhan.

4. Waspada boraks dan bahan kimia berbahaya lainnya

Meskipun tidak semua penjual bakso menggunakan boraks atau bahan kimia dalam produknya, dalam realitanya masih ada sebagian penjual makanan ini yang memakainya karena bisa membuat bakso lebih tahan lama. Padahal, boraks bisa menyebabkan kerusakan hati dengan signifikan.

Keberadaan boraks juga bisa menyebabkan kerusakan pada usus, tepatnya dalam hal menyebabkan luka pada organ ini. Selain itu, boraks dan formalin juga telah terbukti mampu menyebabkan kerusakan saraf otak. Kita pun akan lebih rentan terkena gangguan memori dan kognitif akibat sering mengonsumsinya.

5. Hipertensi

Penggunaan MSG dalam jumlah yang banyak di dalam bakso bisa mempengaruhi tekanan darah di dalam tubuh dengan signifikan. Jika kita terlalu sering mengonsumsinya, maka risiko untuk terkena hipertensi pun akan meningkat. Padahal, hipertensi bisa menyebabkan gejala kesehatan lain yang lebih serius.

6. Penyakit jantung

Mengingat terlalu sering makan bakso bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah, maka risiko untuk terkena penyakit jantung pun bisa meningkat dengan signifikan.

7. Kanker

Terlalu sering mengonsumsi bakso juga akan menyebabkan datangnya kanker. Hal ini sesuai dengan penelitian yang menyebutkan bahwa kebiasaan mengonsumsi daging aneka olahan bakso  atau daging merah memang bisa memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

8. Kegemukan

Bakso termasuk dalam makanan dengan kadar kalori yang sangat tinggi. Mengonsumsinya tentu akan membuat asupan kalori menjadi berlebihan dan akhirnya membuat berat badan naik. Apalagi jika kita tergolong dalam orang-orang yang jarang berolahraga atau tidak aktif bergerak, risiko terkena kegemukan pun akan menjadi semakin besar.

Melihat fakta-fakta ini, sebaiknya memang kita tidak sering-sering makan bakso. Konsumsilah dalam jumlah dan frekuensi yang wajar. Selain itu, pastikan bahwa bakso yang dijual higienis dan tidak memiliki kandungan bahan kimia berbahaya.

Sekian cara membuat bakso bakar ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimkasih.