Mau Tau Cara Membuat Gula Pasir Dengan Mudah ? yuk Langsung Simak

Hai semua, kita ketemu lagi bersama kita, pada kesempatan kali ini saya masih mau bahas cara membuat gula pasir.

Tapi yang mau saya bahas disini adalah pembuatan gula organik yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Kalian Penasaran gimana caranya? Makanya lanjutin bacanya ya.

Seperti yang sudah kita tau, permintaan akan gula di kalangan masyarakat itu selalu meningkat dari waktu ke waktu. Kenapa bisa gitu?

Karena sekarang ini jumlah penduduknya semakin berkembang dan juga semakin maraknya industri atau usaha kuliner yang menggunakan bahan baku gula.

Jadi, gimana pun juga meningkatnya konsumsi masyarakat akan gula ini hendaknya ya harus disertai dengan meningkatnya produksi gula.

Sebetulnya berbagai upaya untuk bisa meningkatkan produksi itu sudah banyak dilakukan, khususnya di pabrik-pabrik pembuatan gula.

Salah satu caranya itu adalah dengan menggunakan mesin-mesin dalam proses pembuatan gulanya itu sendiri. Nah dengan adanya mesin-mesin ini pembuatan gula gak lagi dilakukan secara tradisional, dan yang jelas butuh modal yang gak sedikit.

Seiring dengan semakin berkembangnya mesin-mesin pembuat gula, seharusnya produksi gulanya itu juga semakin meningkat.

Makanya kalau kita cermati sekarang ini, produksi gula saat ini udah jauh lebih baik dilihat dari segi kualitas maupun kuantitasnya kalau dibandingkan sama produksi gula waktu belum adanya mekanisasi.

Tapi meskipun gitu, bukan berarti kita gak bisa produksi gula sendiri loh, kita bisa kok, bahkan kita bisa bikin gula sendiri di rumah.

Jadi kalau sudah begini kita bisa memproduksi gula buatan kita sendiri dan bahkan bisa juga kita pasarkan, yang penting asalkan ada niat dan kemauan pasti bisa.

Makanya pada artikel kali ini saya mau share tentang bagaimana caranya membuat gula sendiri di rumah, ya kalau saya bilang sih cara membuat gula pasir organik karena emang proses pembuatannya itu masih alami dan gak butuh peralatan atau mekanisme yang ribet dan panjang.

Cara Membuat Gula Pasir Organik

CARA MEMBUAT GULA PASIR

1. Penyadapan Air Nira

Proses pertama yang harus kita lakukan itu adalah penyadapan air nira dari tebu atau pohon aren.

Karena air nira inilah yang menjadi bahan baku utama dalam pembuatan gula pasir. Penyadapan air nira ini kita lakukan dua kali, yaitu pada pagi dan sore hari.

Kalau untuk tahap awal pembuatan sih saya sarankan sebaiknya jangan langsung banyak dulu, paling gak kita bisa coba 1-2 liter air nira. Nanti kalau sudah berhasil baru ke depannya bisa produksi lebih banyak lagi.

2. Pemasakan Air Nira

Setelah air niranya itu sudah kita dapatkan, langkah selanjutnya adalah pemasakan.

Air nira yang sudah kita sadap tadi sebaiknya langsung segera dimasak dengan cara dipanaskan selama 5-6 jam, karena kalau air niranya itu cuma kita diamkan terlalu lama, nanti malah berubah jadi arak dan gak akan bisa diproses jadi gula.

Proses pemasakan air nira ini kita lakukan sampai air niranya mengental dan berwarna cokelat kekuningan.

Tapi perlu kita perhatikan nih, waktu proses pemasakan, air niranya ini harus kita saring untuk membuang kotorannya (berupa serpihan dari sabut tanaman tebu atau pohon aren dan juga buih-buih yang ada disekeliling air niranya), karena kalau kita gak buang kotorannya itu, gula yang dihasilkan nanti jadi berasa pahit.

Proses pemasakan air nira ini bisa kita hentikan kalau air niranya sudah mulai mengental seperti dodol. Terus adonan niranya itu kita angkat dari tungku perapian untuk selanjutnya kita lakukan proses pengadukan atau pengkristalan.

3. Pengkristalan

Langkah selanjutnya adalah proses pengkristalan, tujuannya itu ya untuk membuat adonan niranya itu jadi berupa butiran-butiran gula kristal. Jadi, adonan gula yang sudah mengental tadi kita dinginkan sebentar, terus kita masukkan ke dalam mesin pembuat gula untuk bisa dilakukan pengadukan biar jadi kristal.

Proses ini kita lakukan kurang lebih selama 1 jam, pokoknya sampai adonan gulanya itu menjadi butiran-butiran halus yang merupakan gula pasir organik, tapi butiran ini masih belum seragam ukurannya, makanya masih perlu kita lakukan pengadukan sampai benar-benar halus.

4. Pengayakan

Kalau adonan gulanya itu tadi sudah terbentuk menjadi butiran-butiran, langkah selanjutnya itu adalah menyaring gulanya dengan kawat ayakan yang terbuat dari stainless steel, tujuannya itu biar kita bisa mendapatkan gula kristal dengan ukuran yang sama besarnya.

5. Pengemasan

Tahap terakhir itu pengemasan. Gula pasir organik yang sudah jadi bisa segera kita kemas di dalam wadah kaca atau plastik, yang penting harus kering dan tertutup rapat.

Kalau teman-teman mau jual hasil produksi gulanya itu ya sebaiknya dikemas dengan kemasan yang menarik biar bisa menarik perhatian konsumen

Ngomong ngomong tentang cara membuat gula pasir tidak jauh dari mesin pembuatnya berikut anda bisa cek sendiri di mesin peras tebu, Sekian mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan apabilah ada kesalahan saya mohon maaf

Cara Budidaya Padi yang Berkualitas Bagus untuk Petani

Pada Artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara budidaya padi yang benar untuk petani pemula. Yuk! Simak penjelasannya dibawah ini.

Padi merupakan jenis tanaman pangan yang mempunyai peran penting sebagai tanaman pangan dunia. Padi sebagai produksi beras ini tergolong dalam jenis tanaman rumput-rumputan (Poaceae).

Semakin bertambahnya permintaan beras membuat begitu penting peran budidaya padi, terutama di Indonesia. Indonesia termasuk negara dengan makanan pokok beras serta pengonsumsi beras terbesar.

Salah satu tantangan yang muncul dalam budidaya padi adalah menurunnya produktivitas lahan yang disebabkan penerapan cara budidaya yang tidak memperhatikan keadaan faktor lingkungan dan tidak bersifat berkelanjutan.

Penggunaan lahan secara terus menerus bisa menjadikan penurunan fungsi lahan dalam penyediaan berbagai unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Terdapat berbagai cara untuk meningkatkan produktivitas lahan. Namun penerapan budidaya yang baik dan benar menjadi syarat pokok dalam meningkatkan produktivitas tanaman, terutama padi.

Benih Berkualitas

Kualitas benih merupakan kunci keberhasilan dalam budidaya padi. Benih yang berkualitas mampu beradaptasi, memiliki pertumbuhan yang cepat serta seragam, tumbuh lebih cepat, dan tinggi nilai produktivitasnya.

Pemilihan benih berkualitas dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan merendam benih dalam larutan garam dengan menggunakan indikator telur.

Letakkan telur di dasar air serta masukkan garam hingga telur terangkat di permukaan. Selanjutnya telur diambil dan masukkan benih padi. Benih yang mengambang dibuang.

Persemaian

Persemaian  benih dapat dilakukan 25 hari sebelum masa tanam. Tempat untuk pembenihan diusahakan sama atau tidak terlalu jauh dari lahan untuk menjaga kesegaran waktu proses pemindahan.

Yang paling perlu diperhatikan yaitu drainase harus baik agar benih tidak kelebihan air.

Lahan dibuat bedengan serta dicangkul hingga tidak ada bongkahan tanah lagi.

Benih sebaiknya direndam sebelum ditanam selama 2 x 24 jam supaya mampu menyerap air dengan maksimal untuk proses awal perkecambahan. Sebelum disemai lahan diberi sedikit pupuk organik untuk persediaan hara.

Benih yang telah berkecambah ditebar secara merata, tetapi jangan sampai terbenam karena bisa menyebabkan infeksi patogen pada bibit.

Perdata selanjutnya adalah diberi pupuk organik kembali setelah persemaian berumur 1 minggu.

Pengolahan Lahan

cara-budidaya-padi

Pengolahan lahan bertujuan untuk mengubah sifat fisik tanah supaya lapisan yang semula keras menjadi data dan melumpur.

Hal ini akan membuat gulma mati dan membusuk menjadi humus, aerasi tanah menjadi baik, lapisan bawah tanah menjadi jenuh air yang dapat menghemat air.

Dua minggu sebelum dilakukan penggarapan lahan sebaiknya diberikan bahan organik berupa pupuk kandang 2 ton/ha dan kompos jerami 5 ton/ha secara merata di atas lahan.

Pengolahan lahan dapat dilakukan dengan 2 kali bajak dan 1 kali garu untuk mendapat hasil olahan yang optimal.

Penanam

cara-budidaya-padi

Terdapat berbagai macam cara budidaya padi, namun lebih disarankan dengan cara tanam jajar legowo 2 : 1 (40 x (20 x 10) cm.

Cara tanam ini akan memasok jumlah populasi yang banyak dengan produksi lebih tinggi dibanding dengan cara konvensional pada umumnya.

Selain itu kelebihan cara tanam ini adalah memudahkan perawatan, mudah mengatur keluar masuk air karena ada ruang kosong, menekan serangan hama dan penyakit karena cenderung lebih terang, serta menghemat biaya pemupukan.

Pemeliharaan

Tahap pemeliharaan terdiri dari penyiangan, pengairan, pemupukan, dan pengendalian hama. Penyiangan adalah dengan mengendalikan gulma yang tumbuh untuk mengurangi tingkat kompetisi dengan padi.

Pengairan adalah dengan memenuhi kebutuhan air padi baik dari segi kuantitas maupun kualitas, apabila kekurangan bisa dilakukan irigasi dan jika kelebihan bisa membuat drainase.

Pemupukan adalah tahan pemeliharaan yang paling penting, yaitu pemberian unsur hara baik makro maupun mikro untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman.

Pemupukan harus dilakukan dengan seimbang dan yang paling penting alah disesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan ketersediaan hara yang ada dalam tanah.

Pengendalian hama serta penyakit juga penting untuk mendapat hasil yang optimal. Pengendalian harus dilakukan secara alami serta berkelanjutan sesuai dengan hama dan penyakit yang dihadapi.

Panen

cara-budidaya-padi

Panen dapat dilakukan ketika bulir padi hampir keseluruhan telah menguning yang biasanya 33-36 hari setelah padi berbunga.

Cara panen dapat dilakukan secara manual menggunakan sabit dengan memotong pangkal batang atau dengan mesin panen padi untuk menghemat waktu.

Panen dilakukan serentak dalam satu lahan untuk mengurangi risiko diserang hama.

Demikian Artikel ini tentang cara budidaya padi yang berkualitas untuk petani yang ingin hasil panennya bagus. Sekian dan terima kasih.

Cara Membuat Keripik Kacang Yang Renyah dan Gurih

Cara Membuat Keripik Kacang Yang Renyah dan Gurih-Peyek atau rempeyek biasanya digunakan sebagai pelengkap nasi pecel. Mungkin Tetapi keripik gurih ini kemudian mulai dijual dalam kemasan terpisah sebagai pelengkap makanan lain atau camilan.

Harganya juga sama sekali tidak mahal, karena bahan dan pembuatannya memang tidak rumit. Bagi Anda yang ingin membuat peyek untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual, silakan simak cara membuat peyek berikut ini.Gunakan Mesin Giling Kacang Tanah supaya mudah dalam berbisnis

Lazimnya peyek dibuat menggunakan campuran santan agar lebih renyah. Tetapi dengan komposisi bahan yang tepat, peyek yang tidak menggunakan santan juga bisa renyah, kok. Hanya saja rasa gurihnya memang berbeda.

keripik kacang

Cara membuat peyek kacang tanah dengan santan

Resep peyek yang akan kita pelajari pertama kali adalah yang menggunakan santan. Agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan santan kental dalam kemasan yang banyak tersedia di pasar atau minimarket. Pakai yang kemasan kecil saja, ya.

Bahan:

  • 150 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka/kanji/sagu
  • 100 gram kacang tanah, iris menjadi 3 bagian
  • 65 ml santan kental
  • 5 lembar daun jeruk, iris halus (opsional)
  • 1 gelas air
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 3 biji kemiri
  • 1 cm kunyit
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1/2 cm kencur (opsional)
  • garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung beras dan tapioka. Kemudian masukkan bumbu halus dan telur yang sudah dikocok.
  2. Tuangkan santan, kemudian air sedikit demi sedikit. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer, jadi jumlah air yang dimasukkan bisa dimodifikasi sesuai selera.
  3. Masukkan kacang dan daun jeruk, setelah itu bumbui dengan garam. Aduk rata.
  4. Panaskan minyak goreng yang banyak, setelah itu ambil adonan peyek kurang lebih 1 sendok makan. Tuangkan di tepian penggorengan.
  5. Siram peyek menggunakan minyak panas sampai terlepas dari pinggiran wajan. Setelah itu goreng sampai seluruh bagian peyek berwarna kuning keemasan.
  6. Tiriskan minyak yang menetes, kemudian simpan peyek di wadah kedap udara.
  7. Demikian cara membuat peyek kacang renyah dan gurih dengan santan. Anda bisa mengganti kacang tanah dengan topping lainnya, misalnya kacang kedelai, kacang hijau, teri kering, atau tempe yang dirajang halus.

Cara Membuat Peyek Kacang Renyah Tanpa Santan

Setelah mengetahui cara membuat peyek kacang tanah dengan santan, sekarang kita akan belajar cara membuatnya tanpa menggunakan santan. Tambahkan cabai rawit untuk memberikan rasa pedas.

Bahan:

  • 300 ml air
  • 200 gram tepung beras
  • 100 gram kacang tanah, iris menjadi 3 bagian
  • 5 lembar daun jeruk, iris halus (opsional)
  • 1 sendok makan tepung tapioka/kanji/sagu
  • 1 butir telur ayam

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 2 buah cabai rawit merah (opsional)
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 cm kunyit
  • 1/2 cm kencur (opsional)
  • garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung beras dan tapioka. Kemudian masukkan bumbu halus dan telur yang sudah dikocok.
  2. Tuangkan air sedikit demi sedikit. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer, jadi jumlah air yang dimasukkan bisa dimodifikasi sesuai selera.
  3. Masukkan kacang dan daun jeruk, setelah itu bumbui dengan garam. Aduk rata.
  4. Panaskan minyak goreng yang banyak, setelah itu ambil adonan peyek kurang lebih 1 sendok makan. Tuangkan di tepian penggorengan.
  5. Siram peyek menggunakan  minyak panas sampai terlepas dari pinggiran wajan. Setelah itu goreng sampai seluruh bagian peyek berwarna kuning keemasan.
  6. Tiriskan minyak yang menetes, kemudian simpan peyek di wadah kedap udara.

Demikian cara membuat peyek kacang tanpa menggunakan santan. Anda juga bisa menggunakan resep ini untuk membuat keripik bayam atau peyek udang.

Cara Budidaya Padi yang Baik dan Sesuai dengan Prosedur

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Budidaya Padi yang Baik dan Sesuai dengan Prosedur, jadi pastikan kalian membacanya sampai habis agar kalian dapat memahami artikel kali ini

Selain membuat artikel tentang cara membuat kopi jahe, kali ini saya membuat tentang cara budidaya padi

Cara Budidaya Padi yang Baik dan Sesuai dengan Prosedur

Cara Budidaya Padi

BENIH BERKUALITAS

Kualitas benih merupakan kunci keberhasilan dalam budidaya padi. Pemilihan benih yang berkualitas dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan merendam benih tadi dalam larutan garam dengan menggunakan indikator telur.

Letakkan telur di dasar air dan kemudian masukkan garam hingga telur terangkat di permukaan. Selanjutnya telur diambil dan masukkan benih padi. Benih yang mengambang dibuang.

PERSEMAIAN

Persemaian bisa benih dilakukan 25 hari sebelum masa tanam. Tempat untuk persemaian diusahakan sama atau tidak terlalu jauh dari lahan untuk menjaga kesegaran waktu proses pemindahan. Yang paling perlu diperhatikan adalah drainase harus baik agar benih tidak kelebihan air.

Lahan dibuat bedengan dan dicangkul hingga tidak ada bongkahan tanah lagi. Benih sebaiknya direndam sebelum ditanam selama 2 x 24 jam agar mampu menyerap air dengan maksimal untuk proses awal perkecambahan. Sebelum disemai lahan diberi sedikit pupuk organik untuk persediaan hara.

Benih yang sudah berkecambah ditebar secara merata, tetapi jangan sampai terbenam karena bisa menyebabkan infeksi patogen pada bibit. Perdata selanjutnya adalah dengan diberi pupuk organik kembali setelah persemaian berumur kurang lebih 1 minggu.

PENGOLAHAN LAHAN

Pengolahan lahan bertujuan untuk dapat mengubah sifat fisik tanah agar lapisan yang semula keras menjadi data dan juga melumpur. Hal ini akan membuat gulma mati dan membusuk menjadi humus, aerasi tanah menjadi baik, lapisan bawah tanah menjadi jenuh air yang dapat menghemat air.

Dua minggu sebelum dilakukan pengolahan lahan sebaiknya diberikan bahan organik berupa pupuk kandang 2 ton/ha dan kompos jerami 5 ton/ha secara merata di atas lahan. Pengolahan lahan bisa dilakukan dengan 2 kali bajak dan 1 kali garu untuk mendapat hasil olahan yang optimal.

PENANAMAN

Terdapat berbagai macam cara penanaman padi, namun lebih disarankan dengan cara tanam jajar legowo 2 : 1 (40 x (20 x 10) cm. Cara tanam ini akan memberikan jumlah populasi yang banyak dengan produksi lebih tinggi dibanding dengan cara konvensional pada umumnya.

Selain itu kelebihan cara tanam ini adalah memudahkan perawatan, mudah mengatur keluar masuk air karena ada ruang kosong, menekan serangan hama dan penyakit karena cenderung lebih terang, serta menghemat biaya pemupukan.

PEMELIHARAAN

Tahap pemeliharaan terdiri dari penyiangan, pengairan, pemupukan, dan pengendalian hama. Penyiangan adalah dengan mengendalikan gulma yang tumbuh untuk mengurangi tingkat kompetisi dengan padi.

Pengairan adalah dengan memenuhi kebutuhan air padi baik dari segi kuantitas maupun kualitas, apabila kekurangan bisa dilakukan irigasi dan jika kelebihan bisa membuat drainase. Pemupukan adalah tahap

pemeliharaan yang paling penting, yaitu pemberian unsur hara baik makro maupun juga mikro untuk dapat memenuhi kebutuhan hara pada tanaman. Pemupukan harus dilakukan dengan seimbang dan juga yang paling penting adalah disesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan juga ketersediaan hara yang ada dalam tanah.

Pengendalian hama dan penyakit juga penting untuk mendapat hasil yang optimal. Pengendalian harus dilakukan secara alami dan berkelanjutan sesuai dengan hama dan penyakit yang dihadapi.

PANEN

Panen bisa dilakukan ketika bulir padi hampir keseluruhan telah menguning yang biasanya 33-36 hari setelah padi berbunga. Cara panen dapat dilakukan secara manual menggunakan sabit dengan memotong pangkal batang atau dengan mesin reaper harvester untuk menghemat waktu. Panen dilakukan serentak dalam satu lahan untuk mengurangi risiko diserang hama.

PASCA PANEN

Merupakan tahapan dalam menentukan kualitas yang akan dijadikan beras siap konsumsi. Tahap penyimpanan hasil panen juga merupakan unsur penting agar kualitas tetap terjaga, seperti menempatkan hasil panen di tempat yang tidak terlalu lembab dan segera untuk diolah.

Bagi kalian yang akan memaneh hasil panen kalian kalian bisa menggunakan sebuah alat untuk merontokkan padi, bagi kalian yang akan memanen padi kalian bisa menggunakan alat perontok padi

cara membersihkan ac biar dingin

Cuaca yang panas ditambah lagi dengan sinar matahari yang terik membuat siapa saja ingin beristirahat di ruang dingin. Namun bagaimana jika air conditioner (AC) kamar kamu malah nggak dingin padahal sudah sering dirawat? Yuk, cari tahu penyebabnya sekaligus cara mengatasi AC nggak dingin berikut ini!

1. Pengaturan remote AC yang kurang sesuai

cara membersihkan ac biar dingin

Penyebab AC nggak dingin bisa datang dari pengaturan remote AC kamu sendiri. Jika kamu salah mengatur mode-nya, bisa saja udara yang keluar dari AC kamu malah nggak dingin.

Untuk mengatasinya, kamu harus mengatur mode di remote AC pada mode auto ataupun cool. Dengan begitu, hembusan udara sejuk akan menjadi lebih kencang dari sebelumnya. Selain itu, kamu juga bisa mengatur fan atau kipas AC kamu ke level maksimal supaya hembusan angin menjadi lebih kencang.

2. Kapasitas pendinginan AC nggak sesuai dengan luas ruangan

ac nggak dingin
Ternyata kapasitas pendinginan AC itu berbeda-beda lho. Kalau kamu nggak menyesuaikan kapasitas pendinginannya dengan luas kamar atau ruangan kamu, bisa jadi hal itu menyebabkan AC nggak dingin walaupun sudah sering dicuci atau dirawat.Jika kamu memiliki ruang kamar berukuran 3×3 m2, sangat disarankan untuk menggunakan AC dengan daya setengah PK. Sedangkan jika ukuran ruang kamar sekitar 6×6 m2, kamu disarankan untuk menggunakan AC dengan daya 2 PK.

3. Tegangan listrik nggak stabil

ac nggak dingin

Penyebab ketiga mengapa AC nggak dingin walaupun sering dicuci adalah tegangan listrik yang nggak stabil. AC sendiri memiliki tegangan yang lebih besar dibandingkan peralatan elektronik lainnya. Sehingga tegangan listrik yang nggak stabil dapat mempengaruhi kinerja AC.
Namun kamu nggak usah khawatir, tinggal menunggu tegangan listrik normal kembali, maka secara otomatis AC akan kembali maka ac biar dingin.

4. Tekanan freon AC kurang

cara membersihkan ac biar dingin

Sebagai zat yang mengandung titik didih yang sangat rendah, freon bermanfaat sebagai bahan pendingin seperti AC dan kulkas. Oleh karena itu, freon yang kurang atau bahkan habis menjadi salah satu penyebab AC nggak dingin.

Sebenarnya freon hanya perlu diisi sekitar 4-5 tahun sekali saja. Namun jika AC kamu harus sering diisi freonnya, mungkin ada penyebab lain seperti pipa freon yang bengkok/patah sehingga menyebabkan freon bocor. Jika umur AC kamu masih terbilang cukup baru namun freonnya sering habis, kamu perlu memeriksa ada atau tidaknya kebocoran pada pipa freon.

Jika ternyata ada gelembung pada pipa yang telah dilumuri air sabun, ini berarti pipa freon kamu bocor. Cara lainnya adalah dengan melihat apakah ada oli yang merembes dari pipa maupun unit AC. Jika ada, berarti pipa freon kamu harus segera diperbaiki. ini nih service ac jogja

5. Kondisi ruangan

cara membersihkan ac biar dingin

Kondisi ruangan juga bisa menjadi salah satu penyebab AC nggak dingin. Jika ruangan tempat AC dipasang sering terpapar sinar matahari langsung atau terbuat dari tembok campuran semen dan pasir, ruangan akan menjadi lebih panas sehingga berpengaruh pada kinerja AC.

Jika ternyata ruangan kamu kurang mendukung AC untuk mendapatkan hasil optimal, maka cobalah untuk menurunkan suhu AC atau mengganti AC kamu dengan kapasitas pendingin yang lebih besar maka ac biar dingin.

6. Peletakan mesin AC di tempat yang sempit

ac biar dingin

Mesin AC biasanya diletakkan di luar ruangan. Namun, jika kamu meletakkan mesin AC di ruangan outdoor yang sempit, kompresor AC akan menjadi mudah panas dan rusak. Hal ini bisa mengganggu kinerja AC sehingga menyebabkan AC nggak dingin.

Solusinya adalah dengan meletakkan mesin AC pada di luar ruangan yang terbuka dan pastikan memiliki jarak minimal 60 cm dari tembok pada setiap sisinya.

7. Kompresor rusak

ac biar dingin

Kompresor yang rusak dapat menyebabkan AC biar dingin. Sebagai komponen utama, kompresor berfungsi untuk mengatur sirkulasi freon dari unit AC outdoor ke indoor dan kembali lagi ke outdoor. Kompresor yang tua dapat mengalami karat atau aus yang menyebabkan kebocoran pada kompresor itu sendiri.

Disamping itu, ampere kompresor yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor. Jika ampere terlalu tinggi, kompresor akan menjadi mudah panas. Hal ini mengakibatkan kompresor lebih sering berhenti untuk mendinginkan suhunya.

Solusi untuk mengatasi kompresor rusak adalah dengan mengganti kompresor dengan yang baru dan sesuai dengan kapasitasnya. Jika ternyata usia AC kamu sudah lebih dari 10 tahun, kamu bisa langsung mengganti unit AC outdoor agar lebih hemat.

Dari beberapa penyebab AC nggak dingin yang sudah dijabarkan diatas, mana yang sering kamu temui?

Jika ternyata kamu sudah mencoba semua solusi diatas namun AC kamu masih nggak dingin, mungkin itu artinya kamu perlu beli AC baru Blibli.com menyediakan berbagai jenis AC mulai dari AC 1/2 PK, AC Split, AC Portable, termasuk jasa pemasangan. Nggak usah lama-lama lagi,Dengan proses yang mudah, aman, dan terpercaya, kamu juga bisa mendapatkan cicilan 0% selama 12 bulan. Ayo, tunggu apa lagi?

Penyebab Ac Sering Mati

Mengatasi masalah pada mesin outdoor AC yang mengalami ON OFF atau  sering mati hidup harus dilakukan analisa terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab kemudian cara penanganannya.

Kejadian seperti ini tidak hanya menimpa pada mesin AC merek tertentu saja bahkan hampir semua merek juga pernah mengalaminya.

Analisa penyebab serta cara mengatasi masalah outdoor AC hidup dan mati sendiri

Penyebab Ac Sering Mati

Berikut ini adalah 5 persoalan yang kerap menjadi pemicu kenapa mesin AC seringkali on off sendiri.

1. Periksa timer apakah sedang aktif

Pengguna masih banyak yang kurang memahami bahwa fitur timer kadang secara tidak sengaja terpencet sehingga menjadi aktif atau memang lupa untuk mematikan timer.

Untuk memastikan fitur timer off maka pada mesin indoor AC tidak akan terlihat indicator (lampu) timer berkedip.

Bagi yang kurang paham seting pada remot AC untuk mematikan timer maka dapat melakukannya dengan cara mencabut stop kontak selama 3 sampai 6 menit kemudian dipasang kembali.

Berikutnya lepaskan baterai remot dan pasang kembali untuk melakukan restart.

Dengan cara ini anda akan mengatasi masalah outdor AC hidup mati jika memang sumber persoalannya ialah dari fitur timer.

Kemudian apabila masalah masih berlanjut maka harus menuju pada analisa berikutnya.

2. Memeriksa status thermistor AC apakah rusak atau lemah

Thermistor adalah perangkat yang berfungsi untuk mengelola suhu secara otomatis pada mesin AC sehingga apabila mengalami kerusakan maka resikonya ialah menyebabkan kompresor AC bisa hidup dan mati sendiri.

Cara terbaik untuk menguji penyebab ac sering mati, thermistor adalah ketika thermistor terhubung ke controller lakukan pengecekan dengan multi meter dalam mode VDC, lalu pasang kabel probe pada sambungan thermistor.

Pada suhu kamar (25 derajat) Anda akan menerima 2.5VDC, jika Anda menerima 5VDC ini berarti bahwa tidak ada sambungan atau tahanan (ohm) pada thermistor.

Jika Anda menerima 0 VDC berarti bahwa ada short pada thermistor.

Ada controller yang bekerja di 3.3V, dalam controller ini ketika thermistor memutuskan arus adalah 3,3 VDC.

Pada suhu kamar (25derajat) kita mendapatkan 1,7 VDC, tentu saja hasilnya bervariasi sesuai suhu pada ruangan.

3. Tekanan refrigerant ( Freon ) berkurang

Freon AC berkurang juga dapat memicu masalah mesin sering on off bahkan bisa anda rasakan langsung pendinginan tidak bisa berlangsung cepat.

Bagaimana Freon bisa berkurang juga dipicu oleh beberapa hal diantaranya:

  • Ada kebocoran halus pada pipa instalasi, evaporator, atau kondensor.
  • Nepel kendor akibat getaran mesin.
  • Penyambungan pipa yang tidak sempurna.

Pada posisi normal jenis AC konvensional pada umumnya menggunakan jenis freon R22 dengan tekanan freon 75 hingga 90 PSI, kemudian untuk AC yang menggunakan freon R32 atau R410A ( Inverter ) memerlukan tekanan 120 sampai 140 PSI dengan tetap menyesuaikan kekuatan ampere pada unit kompresor tersebut.

Memeriksa tekanan Freon memerlukan alat gauge manifold melalui nepel pengisian freon di bagian unit outdoor.

Penambahan Freon perlu dilakukan apabila ternyata hasil check tidak menunjukkan tekanan sesuai dengan standart seperti yang telah disebutkan di atas.

Apabila terjadi kebocoran biasanya tekanan Freon akan kosong alias tidak ada tekanan sama sekali dan cara mengatasinya ialah dengan memeriksa seluruh jalur pipa AC.

Untuk yang masih awam, cara mengetahui kebocoran freon pada umumnya akan timbul bercak atau cairan seperti oli di area yang terindikasi bocor.

Baca Juga

4. Periksa pada switch On – Off pastikan tidak ada yang masalah fisik

Jika pernah membuka dan mengembalikan penutup indoor AC maka kerap kali pengguna tidak menyadari bahwa casing bisa menekan atau menjepit bagian tombol on off.

Kemudian pada soket kabel juga sering luput dari perhatian sehingga posisinya kendor atau membuat sensor kurang responsif.

5. Kerusakan pada PCB Modul (sirkuit elektronika)

Analisa terakhir ketika anda mendapati mesin outdoor AC seringkali mati hidup ialah pada PCB Modulnya.

Hal hal yang dapat membuat bagian ini error atau rusak adalah semua yang di picu oleh tegangan listrik seperti akibat konsleting, lonjakan tegangan, bahkan sambaran petir ialah yang paling rawan.

Penggunaan stabilizer ialah langkah antisipasi untuk menjaga kemungkinan terjadinya naik turun tegangan yang sangat beresiko bagi semua peralatan elektronika serta jangan lupa selalu memeriksa sekering masih normal untuk mencegah terjadinya konsleting listrik.

Resep Sushi Roll Lezat Juga Gampang!

Resep Sushi Roll inilah topik hari ini yang akan kita bicarakan dan nanti juga akan saya bagikan kepada teman-teman resep sushinya. Sebelum itu, ini ada sedikit info tentang sushi disimak ya. Tapi

Sushi merupakan salah satu makanan Jepang yang sangat ikonik dan telah dikenal luas oleh banyak orang di berbagai negara. Bisa dibilang, sushi menjadi salah satu kuliner yang paling dicari banyak orang saat sedang berkunjung ke Negeri Sakura.

Resep Sushi Roll

resep sushi roll

Bahan-Bahan :
Sushi :
  • 1 cup beras Koshihikari
  • 1 sdt cuka apel
  • 1/8 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 100 gram buah naga merah
  • 1/2 sdt wijen hitam
  • 1/2 sdt wijen putih sangrai
  • 2 lembar nori @20×20 cm
Isian :
  • 2 butir telur
  • 1/8 sdt garam
  • Minyak goreng utk mendadar
  • 4 buah crab stick
  • 1/2 buah wortel
  • 1/2 buah timun jepang
Langkah-Langkah :
  1. Cuci bersih beras 2x lalu rendam beras 30 menit dan mulai masak nasi seperti biasa. Lalu campur nasi dengan buah naga merah yang diparut. Aduk rata dan kukus sebentar selama 10 menit. Lalu campur dengan cuka yang sudah dicampur dengan gula dan garam, aduk rata. Tambahkan wijen, aduk rata, dinginkan.
  2. Siapkan wortel dan timun yang sudah dipotong panjang. Kukus wortel sampai matang. Kukus crab stick sebentar. Siapkan nori
  3. Dadar telur tipis, saat hampir matang, gulung perlahan di wajan, angkat dan potong telur memanjang menjadi 4 bagian.
  4. Siapkan mat utk mengguling sushi. Alasi dengan plastik. Setelah itu tata nori, bagian yang kasar bersentuhan dg nasi. Tata nasi melebar di atas nori. Tata bersisian telur, crab stick, timun dan wortel. Gulung dan padatkan
  5. Potong dengan pisau yang tajam, sajikan dg shoyu

Manfaat Sushi

resep sushi roll

Sushi banyak digandrungi oleh masyarakat. Ternyata, makanan khas Jepang ini banyak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

1. Kaya Kandungan Omega-3

Bahan utama dalam pembuatan sushi ialah daging ikan dan jenis ikan yang paling sering dipakai yakni ikan tuna atau ikan salmon yang sangat kaya akan kandungan omega-3. Ikan yang masih mentah dan juga segar, ternyata memiliki kandungan omega-3 yang sangatlah tinggi. Sehingga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, menyehatkan otak, dan mencegah hipertensi.

2. Mencegah Hipertensi

Pencampuran cuka beras pada nasi saat pembuatan sushi, bertujuan supaya memberi sedikit rasa asam pada nasi. Sehingga rasa dari daging ikannya dapat lebih terasa nikmat dan lezat. Manfaat dari cuka beras adalah sebagai antibakteri tinggi yang memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya hipertensi atau darah tinggi.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Tidak hanya sushi, makanan pendamping yang disebut gari, memiliki manfaat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga terhindar dari berbagai serangan penyakit sistem imun, seperti flu dan batuk. Sebab, gari terbuat dari ginseng.

4. Melancarkan Pencernaan

Menurut Neng, kecap asin atau soyu memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan lambung dari bakteri jahat. Karena, soyu mempunyai kandungan zat besi dan protein yang cukup tinggi.

5. Meningkatkan Metabolisme

Sushi bisa meningkatkan metabolisme tubuh dikarenakan adanya nori sebagai pembungkusnya. Nori merupakan sejenis rumput laut yang berbentuk seperti kertas tipis. Selain itu, nori juga memiliki kandungan mineral, vitamin dan iodine yang bagi kesehatan tubuh.

6. Mengandung Zat Antibakteri

Wasabi adalah bahan pembuatan sushi yang memiliki cita rasa pedas sebagai penambah cita rasa. Wasabi juga sangat bermanfaat untuk membunuh kuman bakteri yang ada didalam tubuh serta juga tinggi akan kandungan vitamin C.

7. Mencegah Kanker

Minuman sebagai pelengkap sushi yang patut untuk tidak dipisahkan ialah Ocha. Ocha adalah minuman teh hijau khas dari Jepang yang sangat tinggi akan kandungan antioksidan.

Manfaat antioksidan itu sendiri adalah menangkal radikal bebas akibat polusi yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker atau tumor dalam tubuh. Ocha juga bisa melancarkan pencernaan serta membunuh bakteri yang bisa mengakibatkan keracunan makanan.

Itu lah beberapa manfaat dari Resep Sushi Roll yang bisa kita ketahui.  Jika teman-teman ingin mencari resep yang lain silahkan membaca artikel berikut Cara Membuat Sushi teman-teman juga akan menemukan tips cara membuat sushi yang baik dan benar juga sejarah sushi disana.

Semoga bermanfaat semua yang sudah saya share disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

Resep Nugget Ikan Enak, Lembut, Dan Renyah!

Resep Nugget Ikan Adalah cara membuat nugget yang bahan utamanya berupa ikan segar, dan dibalur dengan tepung panir yang krispi. Dan kali ini akan saya bagikan juga resep beserta manfaatnya kepada teman-tema yang sudah mengunjungi artikel ini.

Resep Nugget Ikan

resep nugget ikan

Bahan-Bahan :

  • 300 gr ikan tuna
  • 50 gr wortel, parut kasar
  • 1 btg daun seledri, iris halus
  • 1 btg daun bawang, iris halus
  • 5 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telor ayam
  • 3 siung bawang putih goreng
  • 3 siung bawang merah goreng
  • Secukupnya garam, lada & kaldu bubuk
Bahan Baluran :
  • Secukupnya tepung panir/tepung roti
  • Secukupnya tepung terigu
  • 1-2 butir telor ayam, kocok lepas

Langkah-Langkah :

  1. Siapkan semua bahannya. Cuci bersih ikan tuna & potong-potong. Haluskan ikan & telor ayam (bisa pake chopper/blender). Setelah setengah halus, masukkan bawang putih & bawang merah goreng, giling lagi sampai halus.
  2. Tuang ikan yang sudah halus ke dalam wadah/baskom. Masukkan wortel, daun seledri, daun bawang, tapioka, garam, lada & kaldu bubuk. Aduk sampai tercampur rata. Letakkan campuran ikan tadi di daun (bisa juga pake aluminium foil), lalu gulung ikannya sambil dipadatkan, sematkan kedua ujungnya dengan biting lidi/tusuk gigi.
  3. Kukus ikan tadi selama 20 – 30 menit. Angkat & setelah agak dingin, potong-potong.
  4. Siapkan bahan baluran. Celupkan potongan ikan di tepung terigu, lalu celupkan lagi ke dalam telor. Setelah itu baluri dengan tepung panir/tepung roti sambil agak ditekan supaya menempel. Lakukan sampai habis. Simpan nugget ikan di wadah tertutup, lalu simpan di frezeer sebelum digoreng.
  5. Bila ingin digoreng, keluarkan nugget ikan dari freezer. Panaskan minyak sayur di wajan, lalu goreng nugget ikan sampai matang berwarna kecoklatan. Angkat & tiriskan.
  6. Tata nugget ikan tuna di piring saji. Sajikan & nikmati nugget ikan tuna dengan cocolan saos sambel.

Manfaat dari Nugget Ikan

1. Sumber Energi Tubuh

Khasiat dari nugget ikan yang pertama ialah bisa membantu sebagai sumber energi tubuh. Energi sangatlah dibutuhkan untuk kekuatan tubuh. Untuk itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan kalori yang terdapat di dalamnya akan bermanfaat sebagai sember energi bagi tubuh.

2. Menunjang Aktifitas Tubuh

Manfaat lainnya dari olahan nugget ikan adalah mampu menunjang aktifitas tubuh. Bagi anda yang biasa melakukan aktifitas berat maka sebaiknya anda mulai mengkonsumsi makanan ini sebagai menu pelengkap sarapan. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada makanan ini terbukti mampu menunjang aktifitas tubuh anda sehingga membuat anda tidak mudah lelah.

3. Mengontrol Berat Badan

Jika teman-teman mengalami masalah berat badan maka teman-teman bisa rutin mengkonsumsi nugget ikan ini. Kandungan kalori yang rendah akan sangat membantu anda untuk mengontrol berat badan. Oleh karena itu, anda bisa rutin mengkonsumsinya.

4. Menunjang Pertumbuhan Dan Perkembangan Tubuh

Nugget juga sangatlah baik untuk menunjang pertumbuhan juga perkembangan pada tubuh. Jika pada usia anak-anak mengkonsumsi makanan ini maka akan bermanfaat untuk mendukung sistem perkembangan tubuh, sehingga proses pertumbuhan tubuh bisa berjalan dengan efektif.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Dengan rutin mengkonsumsi nugget ikan akan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata teman-teman. Kandungan yang ada pada nugget ikan sudah terbukti bisa meningkatkan kesehatan mata dan juga mengurangi resiko pada kebutaan. Hal inilah yang menjadikan makanan ini baik untuk dikonsumsi.

6. Membantu Perkembangan Otak

Otak berfungsi untuk mengatur gerakan, perilaku dan fungsi tubuh. Untuk bisa menjaga perkembangan otak supaya bisa berfungsi dengan baik maka anda bisa rajin mengkonsumsi nugget ikan. Kandungan yang ada di dalamnya berperan penting untuk membantu perkembangan pada otak.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Untuk menjaga kesehatan kulit anda bisa melakukan dengan cara yang mudah dan alami. Dengan rutin mengkonsumsi nugget ikan maka akan bermanfaat untuk kesehatan kulit teman-teman. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya berguna untuk menjaga kesehatan kulit anda secara alami.

8. Membentuk Otot

Nugget ikan juga sangatlah berkhasiat untuk membentuk otot pada tubuh. Nutrisi yang terkandung pada makanan ini bermanfaat sebagai pembentuk otot yang kuat. Oleh karena itu teman-teman bisa mengkonsumsinya sebagi pembentukan otot pada tubuh.

9. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis umumnya terjadi pada lansia. Hal ini disebabkan karena tulang yang sudah mulai rapuh dan tidak berfungsi dengan baik. Untuk mencegahnya anda bisa rutin mengkonsumsi nugget. Kandungan kalsium yang ada di dalamnya akan bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dan kerapuhan tulang.

10. Baik Untuk Masa Pertumbuhan

Proses pertumbuhan yang cepat dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang baik dan juga menyehatkan. Salah satunya dengan mengkonsumsi nugget ikan karena kandungan vitamin B yang ada di dalam nugget ikan sangat baik untuk mendukung masa pertumbuhan.

Itu lah beberapa manfaat dari Resep Nugget Ikan yang bisa kita ketahui.  Jika teman-teman ingin mencari resep yang lain silahkan membaca artikel berikut Cara Membuat Nugget Sayur teman-teman juga akan menemukan banyak manfaat nugget lainya disana.

Semoga bermanfaat semua yang sudah saya share di artikel ini, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita pelajari disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

Cara Membuat Nugget Mie Enak Dan Krispi!

Cara Membuat Nugget Mie adalah resep membuat nugget yang bahan dasarnya adalah mie, dan disini saya akan membagikan resep dan manfaatnya juga kepada teman-teman yang sudah berkunjung ke artikel saya.

Cara Membuat Nugget Mie

Cara Membuat Nugget Mie

Bahan-Bahan :
  • 2 bungkus indomie goreng
  • 1 ons buncis (iris tipis) >>saya skip
  • 2 buah wortel (parut)
  • 4 butir telur
  • secukupnya Kaldu bubuk (saya ganti garam)
  • secukupnya Merica bubuk (saya 1 sdt)
  • 5 sdm tepung beras
  • 1/2 gelas air (saya 100 ml)
  • secukupnya minyak utk menggoreng
  • 2 batang daun bawang, iris halus(tambahan saya)
  • 1 batang seledri, iris halus (tambahan saya)
Baluran :
  • Secukupnya tepung terigu (tambahan saya)
  • 1 butir telur (kocok lepas)
  • secukupnya Tepung panir
Langkah-Langkah :
  1. Rebus mie goreng. Tiriskan. Serut wortel, masukkan semua bahan termasuk bumbu indomie, kecuali air dan tepung beras, aduk rata
  2. Tambahkan larutan tepung beras yg telah diencerkan dengan 100 ml air. aduk rata, Lalu tuang ke loyang (saya pakai loyang ukuran 15x15x6cm) yg sudah diolesi minyak kukus hingga matang +-45 menit
  3. Setelah matang tunggu dingin baru di potong².
  4. Gulingkan ke tepung terigu, Celupkan ke telur kocok (tidak kefoto), lalu gulingkan ke tepung panir,lakukan hingga habis.
  5. Simpan 5-10 menit di kulkas (kalo mau langsung di goreng juga tidak masalah). Goreng sampai kuning keemasan, sajikan dengan saos sambal

Manfaat Mie

Cara Membuat Nugget Mie

 

Mie instan adalah makanan praktis yang banyak digemari oleh banyak orang hampir di seluruh dunia. Selain rasanya yang nikmat, makanan ini juga mempunyai harga yang hemat.

Tetapi dikarenakan tingginya kandungan MSG dan sodium yang terdapat didalam nya, makanan ini selalu saja menimbulkan kontroversi dan dianggap sebagai junkfood sampai mengonsumsinya setiap kali dinilai berbahaya.

Tetapi, mie instan punya beberapa manfaat loh asal tidak dikonsumsi dengan berlebihan.Berikut beberapa manfaat mie instan yang jarang diketahui oleh banyak orang.

1. Sumber Energi Selain Nasi

Seperti yang banyak kita ketahui bahwa mie instan mempunyai kandungan karbohidrat yang bisa dijadikan sumber energi bagi tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-sehari. Namun perlu diingat bahwa karbohidrat pada mie instan sifatnya tidaklah bertahan cukup lama dan cukup teman-teman konsumsi sebagai pengganti nasi di saat-saat yang mendesak saja ya.

2. Pelengkap Asupan Nutrisi

Walaupun pada jumlahnya yang relatif rendah, tetapi mie instan tetap saja mempunyai kandungan gizi unggulan seperti serat, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, yang akan melengkapi pemenuhan asupan nutrisi pada tubuh kita. Namun nutrisi ini adalah nutrisi mikro (kecil), jadi untuk mendapatkan asupan yang maksimal, kamu bisa menambahkan banyak sayur-sayuran juga kacang-kacangan saat menyantap mie instan ini.

3. Menunjang Kinerja Tubuh

Selain bisa menjadi tambahan asupan nutrisi, sekitar 13% zat besi yang terkandung dalam mie instan juga bisa meningkatkan kekuatan otot serta mengurangi kelelahan sehingga kinerja tubuh akan semakin baik dan berkualitas.

4. Untuk Makanan Diet

Rendahnya kalori yang terkandung di dalam mie instan memungkinkan yang memakannya lebih bisa mengontrol berat badan. Apabila kalori yang dikonsumsi lebih sedikit daripada kalori yang digunakan, maka tubuh akan membakar cadangan kalori yang tersimpan dalam tubuh, sehingga berat badan perlahan akan turun.

Akan tetapi karena kandungan serat dan protein dalam mie instan juga rendah, makanan ini bukanlah pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai menu diet.

5. Bisa Menambah Dan Mengembalikan Nafsu Makan

Mie instan memanglah berbeda dan lebih spesial daripada hidangan yang lain. Rasa yang sangat nikmat yang dihasilkan dari bumbunya bisa memancing nafsu makanmu kembali tumbuh saat mengalami gangguan tidak nafsu makan.

Mie instan tentunya sangat bisa menambah nafsu makan teman-teman karena dengan memakannya bisa membuat teman-teman cepat lapar kembali. Tetapi ingat, jangan sampai keterusan dalam mengkonsumsi nya, dikarenakan akan memiliki efect kurang baik bagi tubuh manusia.

6. Makanan Praktis Yang Bisa Mengenyangkan

Walaupun tidak tahan terlalu lama, namun mie instan sangatlah bisa menjadi bahan makanan alternatif untuk sekadar mengganjal perut disaat keadaan darurat. Dengan harganya yang sangat hemat, makanan ini bisa membuat kenyang disaat lapar, jadi tubuh tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Mie instan sebenarnya tidaklah jahat, asal teman-teman tahu takaran dan kapan waktu yang pas untuk mengkonsumsinya. Bukankah segala hal yang dilakukan secara berlebihan memang selalu tidak baik?

Itu lah beberapa manfaat dari Cara Membuat Nugget Mie yang bisa kita ketahui.  Jika teman-teman ingin mencari resep yang lain silahkan membaca artikel berikut Resep Nugget Ayam teman-teman juga akan menemukan banyak manfaat nugget yang lainnya disana.

Semoga bermanfaat semua yang sudah saya share di artikel ini, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita pelajari disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

Cara Menanam Semangka di Polybag dengan Mudah

Cara menanam semangka di polybag– Buah yang kaya air berwarna merah ini pasti sudah tidak asing lagi. Buah yang menyegarkan dan juga kaya akan vitamin itu sering digunakan sebagai pencuci mulut setelah makan. Cara budidaya semangka tidak begitu sulit.

Asalkan anda rajin, bukan tidak mungkin tanaman semangka bisa berbuah melimpah. Tanaman semangka adalah salah satu tanaman yang sangat populer. Sudah banyak orang di dunia yang membudidayakan dan menanam buah berair ini. Jadi, bagi anda para pemula ada cara budidaya semangka yang mudah.

Salah satu cara yang sedang incar digunakan ialah dengan memakai media pot atau polybag. Cara budidaya buah semangka dalam media pot atau polybag sangat mudah untuk dilakukan. Dengan menanam tanaman dalam media ini bisa lebih memudahkan anda dalam melakukan perawatan, pengawasan, dan pengontrolan.

Keuntungan lain media pot atau polybag tidak terlalu makan tempat yang luas. Sangat pas jika anda letakkan di halaman belakang rumah, teras depan, bahkan di gudang yang sudah tidak terpakai. Langsung saja mari kita simak cara tanam semangka memakai pot atau polybag.

Cara Menanam Semangka di Polybag- Penentuan Media Tanam

Cara Menanam Semangka di Polybag

Langkah pertama dalam menanam semangka yaitu pemilihan lahan yang akan dijadikan sebagai media tanam. Memang saat ini kita akan memakai media pot atau polybag, tapi tanah yang akan dipakai perlu juga untuk diolah. Semangka bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi yang berkisar 0 sampai 1000 mdpl.

Tanah untuk menanam semangka harus kaya akan unsur hara dengan pH netral sekitar 5 sampai 7. Apabila tanah terlalu asam, anda dapat menetralkan dengan penambahan kapur doloit dengan takaran 1 ton/hektar lahan.

Setelah kadar asam sudah pas lakukan penggemburan tanah. Jangan lupa untuk mencampur dengan sedikit pupuk kompos atau pupuk kandang. Setelah itu diamkan tanah selama beberapa minggu sebelum tanam.

Selanjutnya, lakukan pemasukan media tanam dengan ukuran yang sesuai. Masukan tanah hingga penuh dengan hati-hati jangan sampai merusak pot atau polybag. Lakukan penyiraman hingga tanah lembab dan siap untuk ditanami.

Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit sangat penting untuk dilakukan, bibit akan menjadi penentu hasil panen anda kelak. Benih atau biji dipilih berdasarkan selera anda, contohnya varietas semangka tanpa biji. Anda bisa langsung membeli biji di toko pertanian.

Ciri biji yang baik yaitu berwarna hitam atau kecoklatan, mengkilat, tidak terserang hama, dan juga berbentuk normal. Setelah menemukan biji pilihan anda, segera rendam biji dengan fungisida kurang lebih selama 24 jam. Hal ini bertujuan supaya bibit atau benih terhindar dari serangan hama dan penyakit.

Penanaman Semangka

Setelah media tanam dan bibit sudah siap, selanjutnya yaitu menanam tanaman semangka. Penanaman ini dilakukan dengan membuat lubang tanam sekitar 2 sampai 3 cm lalu masukan 2 sampai 3 benih semangka. Lakukan penimbunan benih dengan sisa tanah yang akan dibuat untuk pengelolaan media tanam. Dan lakukan penyiraman hingga tanah lembab.

Pemeliharaan Tanaman Semangka

Cara tanam semangka tidak lepas dari metode perawatan yang maksimal supaya panen anda tidak mengecewakan. Ada beberapa tahapan pemeliharaan tanaman semangka antara lain yaitu penyulaman, penyiraman, penyiangan, pemupukan, serta pengendalian hama dan penyakit.

Penyulaman dilakukan sudah seminggu tanam, gunanya untuk menggantikan tanaman yang sudah mati dengan benih yang baru. Penyiraman dilakukan 2 kali sehari karena semangka suka daerah yang lembab.

Namun jangan sampai terlalu kebanyakan air. Penyiangan dilakukan dengan membersihkan gulma di area sekitar tanaman semangka. Untuk mencukupi nutrisi tambahkan dengan pupuk kandang, urea, TSP dan lainnya sesuai takaran.

Sedangkan untuk pengendalian hama dilakukan dengan cara penyemprotan fungisida atau insektisida. Tergantung jenis serangan yang dihadapi oleh tanaman semangka.

Cara Menanam Semangka di Polybag- Panen Semangka

Cara Menanam Semangka di Polybag

Panen merupakan tahap terakhir dari proses menanam semangka. Ada baiknya jika panen dilakukan pada saat pagi hari saat kondisi tanaman masih segar. Caranya, potong tangkai buah menggunakan pisau atau gunting potong dan sisakan tangkai kurang lebih 3 sampai 5 cm dari pangkal buah.

Kemudian tempatkan buah semangka ditempat yang sejuk, usahakan jangan ditumpuk. Waktu panen sendiri ditemui perbedaan karakter antar petani daerah satu dengan daerah yang lain. Hal tersebut karena petani menyesuaikan permintaan dagangan di pasar.

Namun pada umumnya semangka bisa dipanen setelah 2 samapi 3 bulan tanam. Buah semangka yang sudah siap panen memiliki ciri-ciri yaitu buah membesar, warna mengkilap, tangkai daun sudah mulai layu, serta buah berbunyi berat saat ditepuk.

Demikian ulasan singkat mengenai cara menananam semangka di dalam media tanam pot atau polybag. Jika anda ingin mengetahui cara pemupukan anda bisa kunjungi website cara pemupukan semangka. Sekian dan terima kasih.