Tukang Review https://tukangreview.com review kuliner, bisnis dan umkm Thu, 23 Jan 2020 13:48:37 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.5 Penyebab Ac Sering Mati https://tukangreview.com/penyebab-ac-sering-mati/ Thu, 23 Jan 2020 13:48:37 +0000 https://tukangreview.com/?p=2342 Mengatasi masalah pada mesin outdoor AC yang mengalami ON OFF atau  sering mati hidup harus dilakukan analisa terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab kemudian cara penanganannya. Kejadian seperti ini tidak hanya menimpa pada mesin AC merek tertentu saja bahkan hampir semua merek juga pernah mengalaminya. Analisa penyebab serta cara mengatasi masalah outdoor AC hidup dan mati … Continue reading "Penyebab Ac Sering Mati"

The post Penyebab Ac Sering Mati appeared first on Tukang Review.

]]>
Mengatasi masalah pada mesin outdoor AC yang mengalami ON OFF atau  sering mati hidup harus dilakukan analisa terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab kemudian cara penanganannya.

Kejadian seperti ini tidak hanya menimpa pada mesin AC merek tertentu saja bahkan hampir semua merek juga pernah mengalaminya.

Analisa penyebab serta cara mengatasi masalah outdoor AC hidup dan mati sendiri

Penyebab Ac Sering Mati

Berikut ini adalah 5 persoalan yang kerap menjadi pemicu kenapa mesin AC seringkali on off sendiri.

1. Periksa timer apakah sedang aktif

Pengguna masih banyak yang kurang memahami bahwa fitur timer kadang secara tidak sengaja terpencet sehingga menjadi aktif atau memang lupa untuk mematikan timer.

Untuk memastikan fitur timer off maka pada mesin indoor AC tidak akan terlihat indicator (lampu) timer berkedip.

Bagi yang kurang paham seting pada remot AC untuk mematikan timer maka dapat melakukannya dengan cara mencabut stop kontak selama 3 sampai 6 menit kemudian dipasang kembali.

Berikutnya lepaskan baterai remot dan pasang kembali untuk melakukan restart.

Dengan cara ini anda akan mengatasi masalah outdor AC hidup mati jika memang sumber persoalannya ialah dari fitur timer.

Kemudian apabila masalah masih berlanjut maka harus menuju pada analisa berikutnya.

2. Memeriksa status thermistor AC apakah rusak atau lemah

Thermistor adalah perangkat yang berfungsi untuk mengelola suhu secara otomatis pada mesin AC sehingga apabila mengalami kerusakan maka resikonya ialah menyebabkan kompresor AC bisa hidup dan mati sendiri.

Cara terbaik untuk menguji penyebab ac sering mati, thermistor adalah ketika thermistor terhubung ke controller lakukan pengecekan dengan multi meter dalam mode VDC, lalu pasang kabel probe pada sambungan thermistor.

Pada suhu kamar (25 derajat) Anda akan menerima 2.5VDC, jika Anda menerima 5VDC ini berarti bahwa tidak ada sambungan atau tahanan (ohm) pada thermistor.

Jika Anda menerima 0 VDC berarti bahwa ada short pada thermistor.

Ada controller yang bekerja di 3.3V, dalam controller ini ketika thermistor memutuskan arus adalah 3,3 VDC.

Pada suhu kamar (25derajat) kita mendapatkan 1,7 VDC, tentu saja hasilnya bervariasi sesuai suhu pada ruangan.

3. Tekanan refrigerant ( Freon ) berkurang

Freon AC berkurang juga dapat memicu masalah mesin sering on off bahkan bisa anda rasakan langsung pendinginan tidak bisa berlangsung cepat.

Bagaimana Freon bisa berkurang juga dipicu oleh beberapa hal diantaranya:

  • Ada kebocoran halus pada pipa instalasi, evaporator, atau kondensor.
  • Nepel kendor akibat getaran mesin.
  • Penyambungan pipa yang tidak sempurna.

Pada posisi normal jenis AC konvensional pada umumnya menggunakan jenis freon R22 dengan tekanan freon 75 hingga 90 PSI, kemudian untuk AC yang menggunakan freon R32 atau R410A ( Inverter ) memerlukan tekanan 120 sampai 140 PSI dengan tetap menyesuaikan kekuatan ampere pada unit kompresor tersebut.

Memeriksa tekanan Freon memerlukan alat gauge manifold melalui nepel pengisian freon di bagian unit outdoor.

Penambahan Freon perlu dilakukan apabila ternyata hasil check tidak menunjukkan tekanan sesuai dengan standart seperti yang telah disebutkan di atas.

Apabila terjadi kebocoran biasanya tekanan Freon akan kosong alias tidak ada tekanan sama sekali dan cara mengatasinya ialah dengan memeriksa seluruh jalur pipa AC.

Untuk yang masih awam, cara mengetahui kebocoran freon pada umumnya akan timbul bercak atau cairan seperti oli di area yang terindikasi bocor.

Baca Juga

4. Periksa pada switch On – Off pastikan tidak ada yang masalah fisik

Jika pernah membuka dan mengembalikan penutup indoor AC maka kerap kali pengguna tidak menyadari bahwa casing bisa menekan atau menjepit bagian tombol on off.

Kemudian pada soket kabel juga sering luput dari perhatian sehingga posisinya kendor atau membuat sensor kurang responsif.

5. Kerusakan pada PCB Modul (sirkuit elektronika)

Analisa terakhir ketika anda mendapati mesin outdoor AC seringkali mati hidup ialah pada PCB Modulnya.

Hal hal yang dapat membuat bagian ini error atau rusak adalah semua yang di picu oleh tegangan listrik seperti akibat konsleting, lonjakan tegangan, bahkan sambaran petir ialah yang paling rawan.

Penggunaan stabilizer ialah langkah antisipasi untuk menjaga kemungkinan terjadinya naik turun tegangan yang sangat beresiko bagi semua peralatan elektronika serta jangan lupa selalu memeriksa sekering masih normal untuk mencegah terjadinya konsleting listrik.

The post Penyebab Ac Sering Mati appeared first on Tukang Review.

]]>
Resep Sushi Roll Lezat Juga Gampang! https://tukangreview.com/resep-sushi-roll/ Thu, 23 Jan 2020 09:56:48 +0000 https://tukangreview.com/?p=2336 Resep Sushi Roll inilah topik hari ini yang akan kita bicarakan dan nanti juga akan saya bagikan kepada teman-teman resep sushinya. Sebelum itu, ini ada sedikit info tentang sushi disimak ya. Tapi Sushi merupakan salah satu makanan Jepang yang sangat ikonik dan telah dikenal luas oleh banyak orang di berbagai negara. Bisa dibilang, sushi menjadi … Continue reading "Resep Sushi Roll Lezat Juga Gampang!"

The post Resep Sushi Roll Lezat Juga Gampang! appeared first on Tukang Review.

]]>
Resep Sushi Roll inilah topik hari ini yang akan kita bicarakan dan nanti juga akan saya bagikan kepada teman-teman resep sushinya. Sebelum itu, ini ada sedikit info tentang sushi disimak ya. Tapi

Sushi merupakan salah satu makanan Jepang yang sangat ikonik dan telah dikenal luas oleh banyak orang di berbagai negara. Bisa dibilang, sushi menjadi salah satu kuliner yang paling dicari banyak orang saat sedang berkunjung ke Negeri Sakura.

Resep Sushi Roll

resep sushi roll

Bahan-Bahan :
Sushi :
  • 1 cup beras Koshihikari
  • 1 sdt cuka apel
  • 1/8 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 100 gram buah naga merah
  • 1/2 sdt wijen hitam
  • 1/2 sdt wijen putih sangrai
  • 2 lembar nori @20×20 cm
Isian :
  • 2 butir telur
  • 1/8 sdt garam
  • Minyak goreng utk mendadar
  • 4 buah crab stick
  • 1/2 buah wortel
  • 1/2 buah timun jepang
Langkah-Langkah :
  1. Cuci bersih beras 2x lalu rendam beras 30 menit dan mulai masak nasi seperti biasa. Lalu campur nasi dengan buah naga merah yang diparut. Aduk rata dan kukus sebentar selama 10 menit. Lalu campur dengan cuka yang sudah dicampur dengan gula dan garam, aduk rata. Tambahkan wijen, aduk rata, dinginkan.
  2. Siapkan wortel dan timun yang sudah dipotong panjang. Kukus wortel sampai matang. Kukus crab stick sebentar. Siapkan nori
  3. Dadar telur tipis, saat hampir matang, gulung perlahan di wajan, angkat dan potong telur memanjang menjadi 4 bagian.
  4. Siapkan mat utk mengguling sushi. Alasi dengan plastik. Setelah itu tata nori, bagian yang kasar bersentuhan dg nasi. Tata nasi melebar di atas nori. Tata bersisian telur, crab stick, timun dan wortel. Gulung dan padatkan
  5. Potong dengan pisau yang tajam, sajikan dg shoyu

Manfaat Sushi

resep sushi roll

Sushi banyak digandrungi oleh masyarakat. Ternyata, makanan khas Jepang ini banyak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

1. Kaya Kandungan Omega-3

Bahan utama dalam pembuatan sushi ialah daging ikan dan jenis ikan yang paling sering dipakai yakni ikan tuna atau ikan salmon yang sangat kaya akan kandungan omega-3. Ikan yang masih mentah dan juga segar, ternyata memiliki kandungan omega-3 yang sangatlah tinggi. Sehingga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, menyehatkan otak, dan mencegah hipertensi.

2. Mencegah Hipertensi

Pencampuran cuka beras pada nasi saat pembuatan sushi, bertujuan supaya memberi sedikit rasa asam pada nasi. Sehingga rasa dari daging ikannya dapat lebih terasa nikmat dan lezat. Manfaat dari cuka beras adalah sebagai antibakteri tinggi yang memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya hipertensi atau darah tinggi.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Tidak hanya sushi, makanan pendamping yang disebut gari, memiliki manfaat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga terhindar dari berbagai serangan penyakit sistem imun, seperti flu dan batuk. Sebab, gari terbuat dari ginseng.

4. Melancarkan Pencernaan

Menurut Neng, kecap asin atau soyu memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan lambung dari bakteri jahat. Karena, soyu mempunyai kandungan zat besi dan protein yang cukup tinggi.

5. Meningkatkan Metabolisme

Sushi bisa meningkatkan metabolisme tubuh dikarenakan adanya nori sebagai pembungkusnya. Nori merupakan sejenis rumput laut yang berbentuk seperti kertas tipis. Selain itu, nori juga memiliki kandungan mineral, vitamin dan iodine yang bagi kesehatan tubuh.

6. Mengandung Zat Antibakteri

Wasabi adalah bahan pembuatan sushi yang memiliki cita rasa pedas sebagai penambah cita rasa. Wasabi juga sangat bermanfaat untuk membunuh kuman bakteri yang ada didalam tubuh serta juga tinggi akan kandungan vitamin C.

7. Mencegah Kanker

Minuman sebagai pelengkap sushi yang patut untuk tidak dipisahkan ialah Ocha. Ocha adalah minuman teh hijau khas dari Jepang yang sangat tinggi akan kandungan antioksidan.

Manfaat antioksidan itu sendiri adalah menangkal radikal bebas akibat polusi yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker atau tumor dalam tubuh. Ocha juga bisa melancarkan pencernaan serta membunuh bakteri yang bisa mengakibatkan keracunan makanan.

Itu lah beberapa manfaat dari Resep Sushi Roll yang bisa kita ketahui.  Jika teman-teman ingin mencari resep yang lain silahkan membaca artikel berikut Cara Membuat Sushi teman-teman juga akan menemukan tips cara membuat sushi yang baik dan benar juga sejarah sushi disana.

Semoga bermanfaat semua yang sudah saya share disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

The post Resep Sushi Roll Lezat Juga Gampang! appeared first on Tukang Review.

]]>
Resep Nugget Ikan Enak, Lembut, Dan Renyah! https://tukangreview.com/resep-nugget-ikan/ Thu, 23 Jan 2020 09:33:59 +0000 https://tukangreview.com/?p=2328 Resep Nugget Ikan Adalah cara membuat nugget yang bahan utamanya berupa ikan segar, dan dibalur dengan tepung panir yang krispi. Dan kali ini akan saya bagikan juga resep beserta manfaatnya kepada teman-tema yang sudah mengunjungi artikel ini. Resep Nugget Ikan Bahan-Bahan : 300 gr ikan tuna 50 gr wortel, parut kasar 1 btg daun seledri, … Continue reading "Resep Nugget Ikan Enak, Lembut, Dan Renyah!"

The post Resep Nugget Ikan Enak, Lembut, Dan Renyah! appeared first on Tukang Review.

]]>
Resep Nugget Ikan Adalah cara membuat nugget yang bahan utamanya berupa ikan segar, dan dibalur dengan tepung panir yang krispi. Dan kali ini akan saya bagikan juga resep beserta manfaatnya kepada teman-tema yang sudah mengunjungi artikel ini.

Resep Nugget Ikan

resep nugget ikan

Bahan-Bahan :

  • 300 gr ikan tuna
  • 50 gr wortel, parut kasar
  • 1 btg daun seledri, iris halus
  • 1 btg daun bawang, iris halus
  • 5 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telor ayam
  • 3 siung bawang putih goreng
  • 3 siung bawang merah goreng
  • Secukupnya garam, lada & kaldu bubuk
Bahan Baluran :
  • Secukupnya tepung panir/tepung roti
  • Secukupnya tepung terigu
  • 1-2 butir telor ayam, kocok lepas

Langkah-Langkah :

  1. Siapkan semua bahannya. Cuci bersih ikan tuna & potong-potong. Haluskan ikan & telor ayam (bisa pake chopper/blender). Setelah setengah halus, masukkan bawang putih & bawang merah goreng, giling lagi sampai halus.
  2. Tuang ikan yang sudah halus ke dalam wadah/baskom. Masukkan wortel, daun seledri, daun bawang, tapioka, garam, lada & kaldu bubuk. Aduk sampai tercampur rata. Letakkan campuran ikan tadi di daun (bisa juga pake aluminium foil), lalu gulung ikannya sambil dipadatkan, sematkan kedua ujungnya dengan biting lidi/tusuk gigi.
  3. Kukus ikan tadi selama 20 – 30 menit. Angkat & setelah agak dingin, potong-potong.
  4. Siapkan bahan baluran. Celupkan potongan ikan di tepung terigu, lalu celupkan lagi ke dalam telor. Setelah itu baluri dengan tepung panir/tepung roti sambil agak ditekan supaya menempel. Lakukan sampai habis. Simpan nugget ikan di wadah tertutup, lalu simpan di frezeer sebelum digoreng.
  5. Bila ingin digoreng, keluarkan nugget ikan dari freezer. Panaskan minyak sayur di wajan, lalu goreng nugget ikan sampai matang berwarna kecoklatan. Angkat & tiriskan.
  6. Tata nugget ikan tuna di piring saji. Sajikan & nikmati nugget ikan tuna dengan cocolan saos sambel.

Manfaat dari Nugget Ikan

1. Sumber Energi Tubuh

Khasiat dari nugget ikan yang pertama ialah bisa membantu sebagai sumber energi tubuh. Energi sangatlah dibutuhkan untuk kekuatan tubuh. Untuk itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan kalori yang terdapat di dalamnya akan bermanfaat sebagai sember energi bagi tubuh.

2. Menunjang Aktifitas Tubuh

Manfaat lainnya dari olahan nugget ikan adalah mampu menunjang aktifitas tubuh. Bagi anda yang biasa melakukan aktifitas berat maka sebaiknya anda mulai mengkonsumsi makanan ini sebagai menu pelengkap sarapan. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada makanan ini terbukti mampu menunjang aktifitas tubuh anda sehingga membuat anda tidak mudah lelah.

3. Mengontrol Berat Badan

Jika teman-teman mengalami masalah berat badan maka teman-teman bisa rutin mengkonsumsi nugget ikan ini. Kandungan kalori yang rendah akan sangat membantu anda untuk mengontrol berat badan. Oleh karena itu, anda bisa rutin mengkonsumsinya.

4. Menunjang Pertumbuhan Dan Perkembangan Tubuh

Nugget juga sangatlah baik untuk menunjang pertumbuhan juga perkembangan pada tubuh. Jika pada usia anak-anak mengkonsumsi makanan ini maka akan bermanfaat untuk mendukung sistem perkembangan tubuh, sehingga proses pertumbuhan tubuh bisa berjalan dengan efektif.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Dengan rutin mengkonsumsi nugget ikan akan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata teman-teman. Kandungan yang ada pada nugget ikan sudah terbukti bisa meningkatkan kesehatan mata dan juga mengurangi resiko pada kebutaan. Hal inilah yang menjadikan makanan ini baik untuk dikonsumsi.

6. Membantu Perkembangan Otak

Otak berfungsi untuk mengatur gerakan, perilaku dan fungsi tubuh. Untuk bisa menjaga perkembangan otak supaya bisa berfungsi dengan baik maka anda bisa rajin mengkonsumsi nugget ikan. Kandungan yang ada di dalamnya berperan penting untuk membantu perkembangan pada otak.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Untuk menjaga kesehatan kulit anda bisa melakukan dengan cara yang mudah dan alami. Dengan rutin mengkonsumsi nugget ikan maka akan bermanfaat untuk kesehatan kulit teman-teman. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya berguna untuk menjaga kesehatan kulit anda secara alami.

8. Membentuk Otot

Nugget ikan juga sangatlah berkhasiat untuk membentuk otot pada tubuh. Nutrisi yang terkandung pada makanan ini bermanfaat sebagai pembentuk otot yang kuat. Oleh karena itu teman-teman bisa mengkonsumsinya sebagi pembentukan otot pada tubuh.

9. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis umumnya terjadi pada lansia. Hal ini disebabkan karena tulang yang sudah mulai rapuh dan tidak berfungsi dengan baik. Untuk mencegahnya anda bisa rutin mengkonsumsi nugget. Kandungan kalsium yang ada di dalamnya akan bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dan kerapuhan tulang.

10. Baik Untuk Masa Pertumbuhan

Proses pertumbuhan yang cepat dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang baik dan juga menyehatkan. Salah satunya dengan mengkonsumsi nugget ikan karena kandungan vitamin B yang ada di dalam nugget ikan sangat baik untuk mendukung masa pertumbuhan.

Itu lah beberapa manfaat dari Resep Nugget Ikan yang bisa kita ketahui.  Jika teman-teman ingin mencari resep yang lain silahkan membaca artikel berikut Cara Membuat Nugget Sayur teman-teman juga akan menemukan banyak manfaat nugget lainya disana.

Semoga bermanfaat semua yang sudah saya share di artikel ini, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita pelajari disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

The post Resep Nugget Ikan Enak, Lembut, Dan Renyah! appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Membuat Nugget Mie Enak Dan Krispi! https://tukangreview.com/cara-membuat-nugget-mie/ Wed, 22 Jan 2020 14:39:36 +0000 https://tukangreview.com/?p=2313 Cara Membuat Nugget Mie adalah resep membuat nugget yang bahan dasarnya adalah mie, dan disini saya akan membagikan resep dan manfaatnya juga kepada teman-teman yang sudah berkunjung ke artikel saya. Cara Membuat Nugget Mie Bahan-Bahan : 2 bungkus indomie goreng 1 ons buncis (iris tipis) >>saya skip 2 buah wortel (parut) 4 butir telur secukupnya … Continue reading "Cara Membuat Nugget Mie Enak Dan Krispi!"

The post Cara Membuat Nugget Mie Enak Dan Krispi! appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Membuat Nugget Mie adalah resep membuat nugget yang bahan dasarnya adalah mie, dan disini saya akan membagikan resep dan manfaatnya juga kepada teman-teman yang sudah berkunjung ke artikel saya.

Cara Membuat Nugget Mie

Cara Membuat Nugget Mie

Bahan-Bahan :
  • 2 bungkus indomie goreng
  • 1 ons buncis (iris tipis) >>saya skip
  • 2 buah wortel (parut)
  • 4 butir telur
  • secukupnya Kaldu bubuk (saya ganti garam)
  • secukupnya Merica bubuk (saya 1 sdt)
  • 5 sdm tepung beras
  • 1/2 gelas air (saya 100 ml)
  • secukupnya minyak utk menggoreng
  • 2 batang daun bawang, iris halus(tambahan saya)
  • 1 batang seledri, iris halus (tambahan saya)
Baluran :
  • Secukupnya tepung terigu (tambahan saya)
  • 1 butir telur (kocok lepas)
  • secukupnya Tepung panir
Langkah-Langkah :
  1. Rebus mie goreng. Tiriskan. Serut wortel, masukkan semua bahan termasuk bumbu indomie, kecuali air dan tepung beras, aduk rata
  2. Tambahkan larutan tepung beras yg telah diencerkan dengan 100 ml air. aduk rata, Lalu tuang ke loyang (saya pakai loyang ukuran 15x15x6cm) yg sudah diolesi minyak kukus hingga matang +-45 menit
  3. Setelah matang tunggu dingin baru di potong².
  4. Gulingkan ke tepung terigu, Celupkan ke telur kocok (tidak kefoto), lalu gulingkan ke tepung panir,lakukan hingga habis.
  5. Simpan 5-10 menit di kulkas (kalo mau langsung di goreng juga tidak masalah). Goreng sampai kuning keemasan, sajikan dengan saos sambal

Manfaat Mie

Cara Membuat Nugget Mie

 

Mie instan adalah makanan praktis yang banyak digemari oleh banyak orang hampir di seluruh dunia. Selain rasanya yang nikmat, makanan ini juga mempunyai harga yang hemat.

Tetapi dikarenakan tingginya kandungan MSG dan sodium yang terdapat didalam nya, makanan ini selalu saja menimbulkan kontroversi dan dianggap sebagai junkfood sampai mengonsumsinya setiap kali dinilai berbahaya.

Tetapi, mie instan punya beberapa manfaat loh asal tidak dikonsumsi dengan berlebihan.Berikut beberapa manfaat mie instan yang jarang diketahui oleh banyak orang.

1. Sumber Energi Selain Nasi

Seperti yang banyak kita ketahui bahwa mie instan mempunyai kandungan karbohidrat yang bisa dijadikan sumber energi bagi tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-sehari. Namun perlu diingat bahwa karbohidrat pada mie instan sifatnya tidaklah bertahan cukup lama dan cukup teman-teman konsumsi sebagai pengganti nasi di saat-saat yang mendesak saja ya.

2. Pelengkap Asupan Nutrisi

Walaupun pada jumlahnya yang relatif rendah, tetapi mie instan tetap saja mempunyai kandungan gizi unggulan seperti serat, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, yang akan melengkapi pemenuhan asupan nutrisi pada tubuh kita. Namun nutrisi ini adalah nutrisi mikro (kecil), jadi untuk mendapatkan asupan yang maksimal, kamu bisa menambahkan banyak sayur-sayuran juga kacang-kacangan saat menyantap mie instan ini.

3. Menunjang Kinerja Tubuh

Selain bisa menjadi tambahan asupan nutrisi, sekitar 13% zat besi yang terkandung dalam mie instan juga bisa meningkatkan kekuatan otot serta mengurangi kelelahan sehingga kinerja tubuh akan semakin baik dan berkualitas.

4. Untuk Makanan Diet

Rendahnya kalori yang terkandung di dalam mie instan memungkinkan yang memakannya lebih bisa mengontrol berat badan. Apabila kalori yang dikonsumsi lebih sedikit daripada kalori yang digunakan, maka tubuh akan membakar cadangan kalori yang tersimpan dalam tubuh, sehingga berat badan perlahan akan turun.

Akan tetapi karena kandungan serat dan protein dalam mie instan juga rendah, makanan ini bukanlah pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai menu diet.

5. Bisa Menambah Dan Mengembalikan Nafsu Makan

Mie instan memanglah berbeda dan lebih spesial daripada hidangan yang lain. Rasa yang sangat nikmat yang dihasilkan dari bumbunya bisa memancing nafsu makanmu kembali tumbuh saat mengalami gangguan tidak nafsu makan.

Mie instan tentunya sangat bisa menambah nafsu makan teman-teman karena dengan memakannya bisa membuat teman-teman cepat lapar kembali. Tetapi ingat, jangan sampai keterusan dalam mengkonsumsi nya, dikarenakan akan memiliki efect kurang baik bagi tubuh manusia.

6. Makanan Praktis Yang Bisa Mengenyangkan

Walaupun tidak tahan terlalu lama, namun mie instan sangatlah bisa menjadi bahan makanan alternatif untuk sekadar mengganjal perut disaat keadaan darurat. Dengan harganya yang sangat hemat, makanan ini bisa membuat kenyang disaat lapar, jadi tubuh tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Mie instan sebenarnya tidaklah jahat, asal teman-teman tahu takaran dan kapan waktu yang pas untuk mengkonsumsinya. Bukankah segala hal yang dilakukan secara berlebihan memang selalu tidak baik?

Itu lah beberapa manfaat dari Cara Membuat Nugget Mie yang bisa kita ketahui.  Jika teman-teman ingin mencari resep yang lain silahkan membaca artikel berikut Resep Nugget Ayam teman-teman juga akan menemukan banyak manfaat nugget yang lainnya disana.

Semoga bermanfaat semua yang sudah saya share di artikel ini, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita pelajari disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

The post Cara Membuat Nugget Mie Enak Dan Krispi! appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Menanam Semangka di Polybag dengan Mudah https://tukangreview.com/cara-menanam-semangka-di-polybag-dengan-mudah/ Wed, 22 Jan 2020 13:56:16 +0000 https://tukangreview.com/?p=2316 Cara menanam semangka di polybag– Buah yang kaya air berwarna merah ini pasti sudah tidak asing lagi. Buah yang menyegarkan dan juga kaya akan vitamin itu sering digunakan sebagai pencuci mulut setelah makan. Cara budidaya semangka tidak begitu sulit. Asalkan anda rajin, bukan tidak mungkin tanaman semangka bisa berbuah melimpah. Tanaman semangka adalah salah satu … Continue reading "Cara Menanam Semangka di Polybag dengan Mudah"

The post Cara Menanam Semangka di Polybag dengan Mudah appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara menanam semangka di polybag– Buah yang kaya air berwarna merah ini pasti sudah tidak asing lagi. Buah yang menyegarkan dan juga kaya akan vitamin itu sering digunakan sebagai pencuci mulut setelah makan. Cara budidaya semangka tidak begitu sulit.

Asalkan anda rajin, bukan tidak mungkin tanaman semangka bisa berbuah melimpah. Tanaman semangka adalah salah satu tanaman yang sangat populer. Sudah banyak orang di dunia yang membudidayakan dan menanam buah berair ini. Jadi, bagi anda para pemula ada cara budidaya semangka yang mudah.

Salah satu cara yang sedang incar digunakan ialah dengan memakai media pot atau polybag. Cara budidaya buah semangka dalam media pot atau polybag sangat mudah untuk dilakukan. Dengan menanam tanaman dalam media ini bisa lebih memudahkan anda dalam melakukan perawatan, pengawasan, dan pengontrolan.

Keuntungan lain media pot atau polybag tidak terlalu makan tempat yang luas. Sangat pas jika anda letakkan di halaman belakang rumah, teras depan, bahkan di gudang yang sudah tidak terpakai. Langsung saja mari kita simak cara tanam semangka memakai pot atau polybag.

Cara Menanam Semangka di Polybag- Penentuan Media Tanam

Cara Menanam Semangka di Polybag

Langkah pertama dalam menanam semangka yaitu pemilihan lahan yang akan dijadikan sebagai media tanam. Memang saat ini kita akan memakai media pot atau polybag, tapi tanah yang akan dipakai perlu juga untuk diolah. Semangka bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi yang berkisar 0 sampai 1000 mdpl.

Tanah untuk menanam semangka harus kaya akan unsur hara dengan pH netral sekitar 5 sampai 7. Apabila tanah terlalu asam, anda dapat menetralkan dengan penambahan kapur doloit dengan takaran 1 ton/hektar lahan.

Setelah kadar asam sudah pas lakukan penggemburan tanah. Jangan lupa untuk mencampur dengan sedikit pupuk kompos atau pupuk kandang. Setelah itu diamkan tanah selama beberapa minggu sebelum tanam.

Selanjutnya, lakukan pemasukan media tanam dengan ukuran yang sesuai. Masukan tanah hingga penuh dengan hati-hati jangan sampai merusak pot atau polybag. Lakukan penyiraman hingga tanah lembab dan siap untuk ditanami.

Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit sangat penting untuk dilakukan, bibit akan menjadi penentu hasil panen anda kelak. Benih atau biji dipilih berdasarkan selera anda, contohnya varietas semangka tanpa biji. Anda bisa langsung membeli biji di toko pertanian.

Ciri biji yang baik yaitu berwarna hitam atau kecoklatan, mengkilat, tidak terserang hama, dan juga berbentuk normal. Setelah menemukan biji pilihan anda, segera rendam biji dengan fungisida kurang lebih selama 24 jam. Hal ini bertujuan supaya bibit atau benih terhindar dari serangan hama dan penyakit.

Penanaman Semangka

Setelah media tanam dan bibit sudah siap, selanjutnya yaitu menanam tanaman semangka. Penanaman ini dilakukan dengan membuat lubang tanam sekitar 2 sampai 3 cm lalu masukan 2 sampai 3 benih semangka. Lakukan penimbunan benih dengan sisa tanah yang akan dibuat untuk pengelolaan media tanam. Dan lakukan penyiraman hingga tanah lembab.

Pemeliharaan Tanaman Semangka

Cara tanam semangka tidak lepas dari metode perawatan yang maksimal supaya panen anda tidak mengecewakan. Ada beberapa tahapan pemeliharaan tanaman semangka antara lain yaitu penyulaman, penyiraman, penyiangan, pemupukan, serta pengendalian hama dan penyakit.

Penyulaman dilakukan sudah seminggu tanam, gunanya untuk menggantikan tanaman yang sudah mati dengan benih yang baru. Penyiraman dilakukan 2 kali sehari karena semangka suka daerah yang lembab.

Namun jangan sampai terlalu kebanyakan air. Penyiangan dilakukan dengan membersihkan gulma di area sekitar tanaman semangka. Untuk mencukupi nutrisi tambahkan dengan pupuk kandang, urea, TSP dan lainnya sesuai takaran.

Sedangkan untuk pengendalian hama dilakukan dengan cara penyemprotan fungisida atau insektisida. Tergantung jenis serangan yang dihadapi oleh tanaman semangka.

Cara Menanam Semangka di Polybag- Panen Semangka

Cara Menanam Semangka di Polybag

Panen merupakan tahap terakhir dari proses menanam semangka. Ada baiknya jika panen dilakukan pada saat pagi hari saat kondisi tanaman masih segar. Caranya, potong tangkai buah menggunakan pisau atau gunting potong dan sisakan tangkai kurang lebih 3 sampai 5 cm dari pangkal buah.

Kemudian tempatkan buah semangka ditempat yang sejuk, usahakan jangan ditumpuk. Waktu panen sendiri ditemui perbedaan karakter antar petani daerah satu dengan daerah yang lain. Hal tersebut karena petani menyesuaikan permintaan dagangan di pasar.

Namun pada umumnya semangka bisa dipanen setelah 2 samapi 3 bulan tanam. Buah semangka yang sudah siap panen memiliki ciri-ciri yaitu buah membesar, warna mengkilap, tangkai daun sudah mulai layu, serta buah berbunyi berat saat ditepuk.

Demikian ulasan singkat mengenai cara menananam semangka di dalam media tanam pot atau polybag. Jika anda ingin mengetahui cara pemupukan anda bisa kunjungi website cara pemupukan semangka. Sekian dan terima kasih.

The post Cara Menanam Semangka di Polybag dengan Mudah appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Merawat Melon dengan Baik https://tukangreview.com/cara-merawat-melon/ Wed, 22 Jan 2020 13:33:25 +0000 https://tukangreview.com/?p=2299 Cara merawat melon– Melon adalah salah satu jenis buah yang secara umum disukai oleh masyarakat. Karena mempunyai rasanya yang manis dan juga menyegarkan membuat buah ini menjadi idola banyak orang. Terutama pada saat musim kemarau dimana udara terasa sangat panas. Selian itu buah melon juga mempunyai aroma asli yang wangi yang membuah buah ini semakin … Continue reading "Cara Merawat Melon dengan Baik"

The post Cara Merawat Melon dengan Baik appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara merawat melon– Melon adalah salah satu jenis buah yang secara umum disukai oleh masyarakat. Karena mempunyai rasanya yang manis dan juga menyegarkan membuat buah ini menjadi idola banyak orang. Terutama pada saat musim kemarau dimana udara terasa sangat panas. Selian itu buah melon juga mempunyai aroma asli yang wangi yang membuah buah ini semakin terasa lezat ketika dinikmati.

Cara Merawat Melon- Pemasangan Ajir

Ajir atau tongkat dari bilah bambu dibuat supaya mencegah buah dari tanaman bersentuhan dengan tanah, agar buahnya tidak kotor. Selain itu ajir ini dibuat agar penetrasi sinar matahari dapat tersebar ke semua bagian tanaman.

Sebaiknya pembuatan ajir ini dilakukan sebelum usia tanaman 3 hari (terhitung sejak hari pertama ditanam). Kenapa harus dibawah usia 3 hari? Biar ajir yang ditancapkan tidak melukai akar tanaman itu, karena dalam usia 3 hari, akar belum tumbuh panjang jadi kemungkinan untuk tertancap sangat kecil sekali.

Sekarang, untuk memakai ajir, kita butuh ajir kurang lebih sepanjang 1,5 meter. Kemudian ajir itu ditancap pada lubang tanam dengan cara menyerong, ujung atasnya condong ke arah bedengan supaya ajir-ajir tersebut saling bersilangan membentuk huruf X. Selanjutnya siapkan bilah bambu yang lebih panjang, supaya diletakkan secara horisontal diantara silangan ajir-ajir tersebut, ikat menggunakan tali rafia.

Penyiraman

Cara Merawat Melon

Dalam di minggu pertama, tanaman disiram setiap sore hari saja. Kemudian tanaman disiram cukup dua hari sekali. Saat musim hujan, drainase wajib berfungsi dengan baik, supaya lahan tidak tergenang air, karena tanaman melon tidak suka berada dalam lahan yang sangat basah.

Penjarangan dan Penyulaman

Kalau sudah dua minggu bibit tidak akan menunjukkan pertumbuhan normal, maka tanaman harus dicabut beserta akar-akarnya dan digantikan bibit yang masih baru.

Pemupukan Susulan

Setelah tanaman berusia satu minggu, tanaman sudah siap diberi pemupukan susulan. Pupuk yang digunakan untuk melakukan pemupukan susulan sebaiknya pakai pupuk cair, jika mau pakai pupuk padat, harus dicairkan dulu. Pupuk yang digunakan bisa pupuk cair organik atau bisa juga pupuk kimia buatan.

Cara Merawat Melon- Penyerbukan

Pada waktu musim kemarau, penyerbukan tidak perlu anda lakukan, karena secara alami akan dilakukan oleh serangga penyerbuk. Namun waktu musim hujan, biasanya intensitas serangga penyerbuk sudah berkurang, jadi kita yang harus melakukan penyerbukan buatan supaya kualitas tanaman kita tetap baik.

Penyerbukan buatan ini dilakukan pada waktu pagi hari, sebelum pukul 10 pagi. Kenapa harus sebelum pukul 10? Karena kalau sudah terlalu siang, kuncup bunganya nanti akan menutup. Lakukan penyerbukan buatan ini terhadap bunga yang betina, terlebih bunga yang ada di cabang ke-9 sampai ke-13. Dalam sebuah pohon setidaknya bisa ditumbuhkan 3 sampai 4 calon buah.

Hama dan Penyakit

Di negara Indonesia, memang sangat susah membudidayakan melon. Dikarenakan, di daerah tropis sangat rentan dengan serangan hama dan juga penyakit. Hama yang biasa dihadapi oleh para pembudidaya melon diantaranya yaitu kutu daun, hama lalat buah, hama ulat daun dan juga hama tungau. Sedangkan penyakit yang menyerang budidaya melon antara lain yaitu antraksona, penyakit busuk buah, penyakit busuk batang dan juga penyakit mosaik.

Untuk menghindari dari kedua hal ini, maka dapat dilakukan kultur teknis seperti rotasi tanaman, pemupukan berimbang dan juga menjaga sanitasi kebun. Jika sudah terlanjur diserang, kita dapat menyemprot dengan pestisida yang cocok dengan dosis anjuran. Bisa pestisida organik atau juga sintesis.

Cara Merawat Melon- Pemanenan

Cara Merawat Melon

Sesudah dirawat dan ditunggu 3 bulan, maka anda siap melakukan panen. Tapi, sebelumnya ada baiknya anda mengenali ciri-ciri dari melon yang sudah siap panen, seperti serat jala pada permukaan kulit tampak jelas dan juga kasar, permukaan kulit sekitar tangkai terlihat mulai retak-retak, warna kulit hijau kekuningan dan juga sudah mengeluarkan aroma.

Buah melon ini, kalau dapat dipetik tidak terlalu matang, misalnya sekitar 3 samapai 7 hari sebelum matang sepenuhnya sudah matang 90%. Hal ini berguna untuk memberikan waktu lebih pada sang distribusi. Anda bisa melakukan pemetikan dengan cara memotong tangkai buah dengan menggunakan pisau atau gunting. Tangkai dipotong mungkin seperti huruf T, jadi nanti bagian yang dipotong ialah yang mengarah ke daun, bukan ke bagian batang.

Demikianlah artikel tentang cara merawat melon. Jika anda berminat untuk berbudidaya melon anda bisa lihat di website cara budidaya melon. Sekian dan terima kasih.

The post Cara Merawat Melon dengan Baik appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Membuat Nugget Tempe Enak Dan Gampang! https://tukangreview.com/cara-membuat-nugget-tempe/ Wed, 22 Jan 2020 13:20:26 +0000 https://tukangreview.com/?p=2294 Cara Membuat Nugget Tempe adalah Resep Nugget yang dicampur dengan tahu, tempe, sayuran baik itu wortel, brokoli atau bayam merah kaya gizi . Ditambah susu segar, telur dan keju. Diberi racikan bumbu alami. Dan dibalut tepung roti yang renyah. Tempe menjadi lauk asli Indonesia yang sangat mudah dijumpai. Makanan satu ini bisa diolah jadi berbagai … Continue reading "Cara Membuat Nugget Tempe Enak Dan Gampang!"

The post Cara Membuat Nugget Tempe Enak Dan Gampang! appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Membuat Nugget Tempe adalah Resep Nugget yang dicampur dengan tahu, tempe, sayuran baik itu wortel, brokoli atau bayam merah kaya gizi . Ditambah susu segar, telur dan keju. Diberi racikan bumbu alami. Dan dibalut tepung roti yang renyah.

Tempe menjadi lauk asli Indonesia yang sangat mudah dijumpai. Makanan satu ini bisa diolah jadi berbagai macam cara. Satu diantaranya yaitu dengan di buat nugget. Rasanya juga tidak kalah lezat dari nugget daging ayam.

Cara Membuat Nugget Tempe

cara membuat nugget tempe

Bahan-Bahan :

  • 20 potong
  • 350 gr tempe, pilih yang siap goreng
  • 1 buah wortel (tidak usah tidak apa apa)
  • 1 butir telur
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm tepung bumbu
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • Secukupnya gula pasir
  • 1/4 sdt garam (boleh tambah kalo suka asin)
  • Secukupnya gula pasir
  • 50 ml air es
  • Minyak goreng
Pelapis :
  • Secukupnya tepung bumbu
  • Secukupnya air
  • Panko kuning

Langkah-Langkah :

  1. Potong 4 bagian tempe lalu kukus selama 20 menit. Setelah 20 menit angkat dan dinginkan. Sementara itu serut kupas dan serut wortel. Sisihkan.
  2. Balik ke tempe yang sudah dikujus tadi…potong2 kecil. Masukkan dalam food processor bersama bawang putih (cicang kasar dulu). Giling sebentar kemudian masukkan telur, tepung bumbu, dan bumbu lainnya juga air es. Proses sampai benar2 halus.
  3. Pindahkan dalam baskom, tambahkan wortel serut. Campur dengan baik.
  4. Siapkan selembar plastik tahan panas, oles dengan minyak goreng. Taruh adonan tempe diatas plastik. Padatkan lalu gulung. Ikat ujungnya dengan karet (gulungan harus benar2 padat agar tidak rusak saat dipotong nanti). Atau bisa juga dicetak dalam loyang biar lebih mudah
  5. Kukus selama 20-30 menit. Angkat lalu dinginkan sebelum dipotong (setidaknya sampai set dan bisa dipotong). Potong sesuai selera, ini aku potong dengan tebal 1 cm jadi dapat 20 potong.
  6. Buat bahan pelapis : campur tepung bumbu dan air (kira2 sendiri kentalnya ). Celup potongan naget tempe setelah itu gulingkan di atas panko (panir) hingga tertutup rata kemudian goreng diatas api sedang. Crunhcy dan gurih, biarpun sudah dingin tetap nikmat dicemil

Manfaat Nugget Tempe

cara membuat nugget tempe

1. Sumber Protein

Sumber protein yang sangat tinggi dan mengandung sekitar 18 jenis protein dan asam amino yang sangat mudah dicerna oleh tubuh. Tentu sangat cocok bagi mereka yang sedang menjalani diet dan weight loss seperti para atlet binaraga dan fitness mania juga.

2. Anti Kolesterol

Bisa menghilangkan kolesterol jahat karena sangat banyak mengandung lemak tak jenuh majemuk (PUFA), niasin, Omega 3 dan 6, jadi sangatlah bisa menurunkan resiko pada serangan jantung (koroner) dll.

3. Sumber Berbagai Macam Vitamin

Sumber vitamin (terutama vitamin B) yang sangatlah bermanfaat bagi metabolisme sel darah merah, kesehatan kulit juga otot (muscle tone), bisa meningkatkan kekebalan serta fungsi sistem syaraf, bisa meningkatkan hormon pertumbuhan, juga mencegah anemia serta kanker pankreas.

4. Anti Radikal Bebas

Sebagai perlindungan dari radikal bebas mencegah berbagai penyakit degeneratif (aterosklerosis, jantung koroner, diabetes melitus, hipertensi, dan lain-lain) dan berbagai jenis kanker (pankreas, prostat bahkan payudara) sekaligus mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan kuat (3 jenis isoflavon).

5. Mencegah Anemia

Bisa mencegah anemia dikarenakan mengandung berbagai mineral yang sangat tinggi serta mudah diserap oleh darah, sekaligus mencegah penyakit osteoporosis

6. Antibiotik

Sebagai zat antibiotik dan antibakteri pencegah infeksi bakteri E. coli penyebab diare dan kolera.

7. Cocok Bagi Penderita Diabetes

Mengandung serat tinggi sehingga berfungsi mengendalikan kadar gula darah sehingga cocok bagi penderita diabetes.

8. Anti Racun

Menjadi zat penawar antidotum atau anti keracunan terhadap logam berat (sianida) dikarenakan mempunyai ion-ion positif layaknya pada putih telur dan susu alami.

9. Menurunkan Lemak Darah

Hipokolesterolemik, menurunkan lipid atau lemak dalam darah.

10. Mencegah Kembung

Bisa mencegah timbulnya gejala flatulensi (kembung perut) dikarenakan bisa menurunkan kadar raffinosa serta stakiosa sekaligus.

Itu lah beberapa manfaat dari Cara Membuat Nugget Tempe yang bisa kita ketahui.  Jika teman-teman ingin mencari resep yang lain silahkan membaca artikel berikut Resep Pisang Nugget teman-teman juga akan menemukan banyak tips agar nugget pisang nya semakin enak lagi serta juga terdapat sedikit cara merawat wajah dengan menggunakan pisang juga disana.

Semoga bermanfaat semua yang sudah saya bagikan di artikel ini, dan jangan lupa bagikan juga ke teman-teman kalian yang lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita pelajari disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

The post Cara Membuat Nugget Tempe Enak Dan Gampang! appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar https://tukangreview.com/cara-pembibitan-cengkeh/ Wed, 22 Jan 2020 10:56:14 +0000 https://tukangreview.com/?p=2284 Cara pembibitan cengkeh– Bibit yang ditanam pasti menentukan berhasil atau gagalnya suatu tanaman. Bibit yang baik bisa menghasilkan tanaman yang baik asal syarat-syarat pemeliharaannya baik. Pembibitan tanaman cengkeh adalah salah satu aspek dari teknis budidaya tanaman cengkeh yang menentukan keberhasilan pertanaman cengkeh. Sebaliknya walaupun bibitnya sudah baik, tetapi syarat lain belum dipenuhi tanaman akan merana. … Continue reading "Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar"

The post Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara pembibitan cengkeh– Bibit yang ditanam pasti menentukan berhasil atau gagalnya suatu tanaman. Bibit yang baik bisa menghasilkan tanaman yang baik asal syarat-syarat pemeliharaannya baik. Pembibitan tanaman cengkeh adalah salah satu aspek dari teknis budidaya tanaman cengkeh yang menentukan keberhasilan pertanaman cengkeh. Sebaliknya walaupun bibitnya sudah baik, tetapi syarat lain belum dipenuhi tanaman akan merana. Maka didalam pembibitan yang perlu diperhatikan yaitu :

Cara Pembibitan Cengkeh- Memilih Tanah atau Tempatnya

a. Tanah harus yang subur

b. Mudah di airi (terutama waktu musim kemarau). Sedapat mungkin mencari tanah yang letaknya tidak miring, sepaya memudahkan pembuangan air. Sebaiknya memilih tanah yang sedikit miring ke timur, agar bisa menerima sinar matahari pagi.

c. Terlindung dari serangan angin kencang, maksudnya yaitu ada tanaman pelindungnya. Selain untuk melindungi dari angin kencang juga berguna untuk mematahkan jatuhnya air hujan dan juga menahan sinar matahari yang terik.

Memilih Biji yang akan Disemai

Jika belum memilih biji, yang pertama harus memilih pohon induk. Pohon induk yang dipiih harus memenuhi syarat di bawah ini:

a. Yang sudah cukup usia atau umur, yang baik yaitu setelah mencapai umur lebih dari 14 tahun.

b. Yang hasil produksinya tinggi, baik kualitas dan juga  kuantitasnya, artinya berbunga lebat dan juga baik mutunya (jenis unggul).

c. Keadaan pohon sehat, kelihatan subur dan juga menghijau, tahan terhadap hama dan juga penyakit, terutuma penyakit layu bujang.

Setelah memilih pohon induk yang sudah memenuhi syarat, selanjutnya memilih bijinya. Biji yang baik yaitu sebagai berikut:

a. Berwarna kuning muda dan juga tidak mempunyai bercak kehitaman. Penggunaan biji yang mempunyai bercak kehitaman atau berwarna hitam walaupun bisa tumbuh, namun tidak bisa menjadi bibit yang baik.

b. Besarnya normal, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

c. Yang bernas atau bersisi, untuk mengetahui biji yang berisi sebaiknya direndam di dalam air terlebih dahulu, biji yang mengapung dibuang sedangkan biji yang tenggelam diambil. Tetapi walaupun biji mengendap kalau cacat atau mempunyai bercak kehitaman sebaiknya jangan digunakan.

d. Jangan sampai kering karena bisa mengakibatkan daya tumbuh yang kurang baik.

Semua biji yang telah terpilih sebaiknya segaera dikuliti dan juga disemaikan agar tidak rusak dan juga pertumbuhannya merata.

Persemaian

Ada dua macam penyemaian, yaitu:

A. Penyemaian pendahuluan atau perkecambahan

Sebelum anda menyemai, biji yang terpilih peru dikecambahkan terlebih dahulu supaya bibit-bibit bisa diseleksi lagi dan pertumbuhannya merata. Tempat perkecambahan biasanya menggunakan bak-bak dari pasangan batu merah atau menggunakan peti atau bisa juga menggunakan bedengan. Tempat perkecambahan harus diletakkan ditempat yang teduh untuk menjaga kelembaban dan juga menahan percikan air hujan. Hal yang perlu diperhatikan waktu menyemai adalah

  • Biji yang akan disemaikan dikupas kulitnya dengan hati-hati tidak boleh sampai rusak. Biji yang tidak dikupas bisa menyebabkan presentase tumbuh kurang dan lambat sehingga pertumbuhan bibit tidak akan merata.
  • Meletakkan biji tidak boleh terbalik, jika terbalik tumbuhnya akan membelok.
  • Ditempatkan pada tempat yang teduh agar menjaga kelembaban dan juga selalu dilakukan penyiraman 2 sampai 3 kali sehari.
  • Penyiraman tidak boleh dilakukan secara langsung karena bisa merubuah posisi biji. Jadi untuk melakukan kegiatan penyiraman, bibit yang sudah selesai ditanam kemudian ditutup dengan karung sehingga penyiraman tidak akan terjadi secara langsung. Karung bisa lebih lama menahan air.
  • Apabila biji-biji sudah mulai tumbuh (akar sudah mulai memanjang), semua karung dibuka dan juga bisa dipindahkan ke persemaian selanjutnya.

B. Persemaian tetap atau persemaian selanjutnya

Biji-biji yang sudah tumbuh perlu segera dipindahkan ke persemaian selanjutnya. Ada dua fase pemindahannya, sebagai berikut:

a) Langsung dipindahkan ke dalam bedengan

Cara pemutaran berdasarkan usia bibit: (i) bibit yang sudah berumur 1 tahun, putaran dibuat dengan kedalaman sekitar 20 cm dan diameternya 15 cm, (ii) bibit yang berusia 2 tahun, putaan dibuat dengan kedalaman 30 cm dan jugadiameternya 20 cm.

b) Tidak langsung dipindahkan

Memakai keranjang, plupuh dan juga kantong plastik.

Demikianlah artikel tentang cara pembibitan cengkeh. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba dan selamat bercocok tanam. Sekian dan terima kasih.

The post Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Membuat Mochi Jepang Enak Dan Lembut! https://tukangreview.com/cara-membuat-mochi-jepang/ Wed, 22 Jan 2020 10:19:01 +0000 https://tukangreview.com/?p=2278 Cara Membuat Mochi Jepang terbuat dari beras ketan yang nantinya akan ditumbuk hingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk jadi bulat. Mochi  Seringkali dibuat dan dikonsumsi pada saat perayaan tradisional Mochitsuki  yaitu, perayaan tahu baru Jepang. Yuk, langsung saja ke resepnya! Cara Membuat Mochi Jepang Bahan-Bahan : 15bh 300 gr tepung ketan 100 cc santan kental … Continue reading "Cara Membuat Mochi Jepang Enak Dan Lembut!"

The post Cara Membuat Mochi Jepang Enak Dan Lembut! appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Membuat Mochi Jepang terbuat dari beras ketan yang nantinya akan ditumbuk hingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk jadi bulat. Mochi  Seringkali dibuat dan dikonsumsi pada saat perayaan tradisional Mochitsuki  yaitu, perayaan tahu baru Jepang. Yuk, langsung saja ke resepnya!

Cara Membuat Mochi Jepang

cara membuat mochi jepang

Bahan-Bahan :
  • 15bh
  • 300 gr tepung ketan
  • 100 cc santan kental
  • Seujung sendok garam
  • 1 sdt gula pasir
Bahan Isian :
  • 100 gr kacang tanah sangrai (tanpa kulit ari)
  • Palm sugar (takar sesuai selera)
  • 1 sdt gula pasir
Bahan Baluran Mochi :
  • Tepung Tapioka Sangrai
Langkah-Langkah :
  1. Aduk rata bahan tepung ketan bersama santan,garam dan gula menjadi satu,jgn terlalu encer atau cair y moms
  2. Lihat tekstur adonan sudah kalis memakai sendok
  3. Adonan yg telah siap,taruh di dlm wadah plastik (BPA Free) yg telah di oles minyak goreng untuk di kukus selama 15 menit (matang)
  4. Setelah 15 menit dan dianggap matang diamkan selama 5menit agar ketika di bentuk tidak terlalu panas
  5. Siapkan kacang yg telah disangrai giling kasar kacang dg batu gilingan jgn terlalu halus,lalu campur kan dg palm sugar dan gula pasir,jadi deh.
  6. Setelah siap dan dingin adonan mochi yg dikukus td di pipihkan di atas telenan yg telah di tabur tepung tapioka,lalu isi dg kacang.balur kembali dg tepung tapiokaaa dan selesaiii,gampang banget ternyata yaaa

Manfaat Kue Mochi

1. Kandungan Tepung Beras

Tepung beras mempunyai kandungan yang sama dengan beras utuh. Kandungan yang terdapat di dalam tepung beras diantaranya: Karbohidrat, Kalsium, Protein, Zat Besi, Vitamin C. Bermacam-macam kandungan yang ada didalam tepung beras ini diketahui tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, namun juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit.

Banyak jenis makanan yang berbahan dasar tepung beras. Tidak hanya lezat tapi juga sangat mengenyangkan, mengkonsumsi makanan yang terbuat dari tepung beras ini memiliki bermacam-macam manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Tidak hanya menjadi makanan olahan saja, tetapi tepung beras juga banyak digunakan saat mentah sebagai bahan kecantikan wajah.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Bukan hanya susu saja yang memiliki kandungan kalsium. Tepung beras juga memiliki kandungan kalsium di dalamnya, yang sangat baik dimanfaatkan untuk memelihara kesehatan tulang.

Mengkonsumsi makanan yang diolah dari tepung beras juga dapat dijadikan salah satu cara yang ampuh sebagai pelengkap kebutuhan kalsium tulang harian, apabila anda tidak terlalu suka atau bahkan alergi dengan protein dari susu segar. Dengan terpenuhinya kebutuhan kalsium untuk tulang, tulang dapat terhindar dari osteoporosis.

3. Mencegah Anemia

Tidak hanya bayam yang memiliki kandungan zat besi. Tepung beras juga mengandung zat besi di dalamnya. Banyak makan makanan yang terbuat dari tepung beras sangat membantu sel darah dalam mengikat oksigen didalam tubuh. Dengan sirkulasi oksigen dalam darah yang lancar, tubuh akan terhindar dari anemia yang sering dialami karena kekurangan zatbesi.

4. Meningkatkan Metabolisme

Energi tubuh yang cukup sangat membantu meningkatkan metabolisme didalam tubuh. Karbohidrat yang terkandung didalam tepung beras untuk sumber energi pada tubuh, bisa membantu untuk membakar kalori lemak didalam tubuh. Kalori bisa terbakar saat tubuh sedang menjalani aktivitasnya.

5. Mencegah Terjadinya Panas Dalam

Panas dalam juga dapat diatasi dengan menggunakan tepung beras. Kandungan vitamin C yang ada di dalam tepung beras sangatlah dapat membantu untuk meredakan dan mencegah panas dalam saat menyerang tubuh.

6. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi tepung beras juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan anda. Jika jumlah kalori mengkonsumsi tepung beras tidaklah terlalu banyak atau cukup, maka kalori juga bisa dibakar saat melakukan aktivitas metabolisme yang dilakukan oleh tubuh, itu disebabkan karena kandungan karbohidrat yang sangat membantu saat proses membakar lemak didalam tubuh sehingga sangat membantu dalam proses menjaga berat badan. cara lainnya yang dapat dicoba adalah dengan manfaat kembang kol 2

7. Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi tepung beras baik dikonsumsi bagi beberapa orang yang sedang mengalami gangguan pencernaan yang mengharuskan mengkonsumsi makanan yang lembut agar dapat dengan mudah diserap oleh usus. Serat yang terkandung di dalam tepung beras dapat mengurangi rasa sakit ketika tubuh sedang mengalami masalah pencernaan.

Itu lah beberapa manfaat dari Cara Membuat Mochi Jepang yang bisa kita ketahui.  Jika teman-teman ingin mencari resep yang lain silahkan membaca artikel berikut Resep Kue Mochi teman-teman juga akan menemukan manfaat selengkapnya disana, semoga bermanfaat semua yang sudah saya share disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

The post Cara Membuat Mochi Jepang Enak Dan Lembut! appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Menanam Jagung dengan Mudah https://tukangreview.com/cara-menanam-jagung/ Wed, 22 Jan 2020 10:12:22 +0000 https://tukangreview.com/?p=2265 Cara menanam jagung– Membutuhkan pengetahuan dan juga keterampilan tersendiri. Jagung ialah sayuran berbiji dan juga  bertepung yang sudah dikonsumsi di seluruh dunia selama berabad-abad. Jagung adalah tanaman dataran rendah dengan suhu hangat dan juga membutuhkan cahaya matahari penuh. Tanaman ini bisa tumbuh pada berbagai tipe tanah, asalkan ketersediaan air dan hara tercukupi dan akar dapat … Continue reading "Cara Menanam Jagung dengan Mudah"

The post Cara Menanam Jagung dengan Mudah appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara menanam jagung– Membutuhkan pengetahuan dan juga keterampilan tersendiri. Jagung ialah sayuran berbiji dan juga  bertepung yang sudah dikonsumsi di seluruh dunia selama berabad-abad. Jagung adalah tanaman dataran rendah dengan suhu hangat dan juga membutuhkan cahaya matahari penuh.

Tanaman ini bisa tumbuh pada berbagai tipe tanah, asalkan ketersediaan air dan hara tercukupi dan akar dapat tumbuh dengan baik. Biasanya jangung di tanam di ladang yang luas dan juga lapang. Tapi, Anda juga dapat menanam jagung di kebun belakang rumah. Cara budidaya jagung cukup sederhana dan juga tak membutuhkan banyak biaya.

Apabila ingin menikmati hasil panen jagung sendiri, cara budidaya jagung di rumah bisa anda terapkan. Apalagi berkebun adalah aktivitas menyenangkan yang membuat anda terus bergerak. Cara menanam jagung dapat dilakukan pada pagi dan juga sore hari untuk mengisi waktu luang.

Cara Menanam Jagung- Tentukan Lokasi dan Waktu Penanaman

Cara Menanam Jagung

Jagung membutuhkan cahaya matahari langsung untuk tumbuh dengan normal dan baik. Tempat dengan curah hujan 85 sampai 200 mm per bulan, suhu udara 23 hingga 27 °C (ideal), dan pH tanah 5,6 sampai 7,5 ialah ideal. Jenis tanah tidak begitu penting, asalkan aerasi baik dan juga ketersediaan air mencukupi.

Pilihlah kebun yang sangat terbuka. Usahakan untuk memilih area yang relatif bebas dari gulma dan juga rumput liar, karena tanaman jagung dapat sangat sulit bersaing untuk tumbuh bersama tumbuhan liar.

Siapkan Alat dan Pilih Benih yang Tepat

Saat ini sudah banyak jenis jagung yang dijual. Sesuaikan benih jagung dengan iklim dan juga jenis tanah. Beberapa jenis jagung menyukai tanah yang lebih hangat dan juga dingin dengan tingkat PH tanah yang berbeda. Tanaman jagung manis bisa menjadi pilihan. Jagung ini biasa direbus atau diolah menjadi makanan yang lain.

Tanaman jagung manis dikenal mempunyai biji yang berwarna kuning keemasan dan terang serta manis rasanya. Jagung manis ialah jenis jagung yang paling populer ditanam di kebun rumah.

Jika benih sudah didapat, siapkan pula alat dan juga bahan untuk menanam. Karena akan menanam pada lahan skala yang kecil, alat dan juga bahan tergolong sederhana. Berikut alat dan bahan yang perlu anda disiapkan:

Media tanam: tanah lalu sekam bakar dan juga pupuk kandang

Polybag dengan diameter sekitar 15 cm

Pot atau kaleng bekas cat yang 25 kg

Menanam Benih

Siapkan polybag berukuran 15 cm dan juga isi dengan media tanam tanah, sekam bakar dan juga pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Isi tiap polybag kurang lebih dengan 2 benih jagung. Lalu tutup polybag menggunakan sedikit media tanam. Siram dengan air secukupnya.

Tempatkan polybag pada tempat terbuka dengan terkena sinar matahari langung. Siram 3 kali dalam sehari. Benih akan mulai berkecambah pada hari kelima dan hari ketujuh. Benih akan siap dipindahkan ke pot yang lebih besar saat sudah tumbuh batang dan daun yang sudah lebar.

Pindahkan ke Pot

Setelah sekitar 25 hari dimana benih sudah membentuk batang dan juga daun, anda dapat mulai memindahkannya ke pot yang lebih besar dan jangan. Masukkan media tanam dengan perbandingan yang sama seperti yang di polybag.

Pindahkan satu benih jagung kedalam satu pot. Jangan lupa untuk melubangi pot sebagai jalan keluar air. Penyerbukan jagung sangat dibantu oleh angin, karena itu yang terbaik yaitu menanamnya secara berkelompok. Dengan demikian serbuk sari mempunyai kesempatan yang baik untuk berkecambah.

Lakukan Penyiraman

Cara Menanam Jagung

Tanaman jagung sangat membutuhkan sekitar 2,5 cm air per minggu. Penyiraman yang jarang akan menghasilkan banyak tongkol yang berlubang tanpa biji. Usahakan untuk menghindari penyiraman dari sisi atas tanaman karena berpotensi bisa menghanyutkan serbuk sari. Kebutuhan hara jagung dikenal cukup tinggi dan juga dipenuhi melalui pemupukan.

Cara Menanam Jagung- Basmi Gulma

Basmi gulma di sekitar tanaman jagung sampai tingginya mencapai sekitar lutut. Setelah itu, tanaman jagung seharusnya dapat melawan pertumbuhan gulma sendiri. Bila perlu, pengendalian tumbuhan pengganggu (gulma) dilakukan dengan menggunakan herbisida atau dilakukan dengan pendangiran.

Demikianlah artikel tentang cara menanam jagung. Jika anda ingin mengetahui cara berbudidaya anda bisa kunjungi website budidaya jagung hibrida. Sekian dan terima kasih.

The post Cara Menanam Jagung dengan Mudah appeared first on Tukang Review.

]]>